Investasi

Begini lho Cara Beli Emas Batangan

Barangkali kamu sering mendapatkan tawaran emas batangan dari berbagai macam promosi. Hati-hati, karena ternyata emas batangan tidak sembarangan diperjual-belikan. Karena sebaiknya kamu membeli emas batangan yang telah tersertifikasi secara nasional maupun internasional.

Di Indonesia, hanya ada satu perusahaan pemurnian logam mulia yang telah mengantongi sertifikat London Bullion Market Association (LBMA). Perusahaan itu adalah Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

Dulu, untuk mendapatkan emas batangan Antam ini cukup sulit. Karena calon pembeli harus datang ke Gedung Pusat Antam yang berada di daerah Jalan TB Simatungan, Jakarta Selatan, atau ke unit bisnis Antam di daerah Pulogadung, Jakarta Timur.

Baca: Mengenal Investasi Emas yang Tak Kenal Inflasi

Sudah begitu, pembeliannya dibatasi. Sedangkan animo masyarakat yang ingin membeli emas batangan cukup banyak. Untuk itu, secara bertahap Antam membuka gerai dikenal dengan Butik Antam di berbagai kota besar Indoesia.

Selain di gerai milik Antam, kamu juga bisa membeli emas batangan di bank, Pedagaian, melalui gerai online. Bahkan sejak tahun 2017 bisa beli emas batangan di gerai PT POS Indonesia. Hingga tulisan ini dibuat, baru ada sekitar 107 kantor pos yang bisa melayani pembelian emas.

Nah, berikut gambaran transaksi beli emas di beberapa entitas tersebut.

Gerai Antam
Butik Emas Antam/Setiapsen.com/Foto: twitter @LogamMuliaAntam
Butik Emas Antam/Setiapsen.com/Foto: twitter @LogamMuliaAntam

Bila ingin membeli emas batangan di gerai Antam, baik yang di pusat, unit bisnis, maupun ke butik Antam, prosesnya hampir sama. Yang pasti hal yang harus kamu lakukan adalah cek harga.

Hubungi gerai Antam yang ingin Kamu datangi untuk memastikan ketersesiaan stok barang. Setelah memastikan barang ada, datangi gerainya. Kamu akan melalui proses pemeriksaan keamanan dan identitas.

Lalu diarahkan menuju loket resepsionis baru ke loket penjualan dan selanjutnya melakukan transaksi pembayaran di loket pembayaran. Setelah pembayaran selesai, barulah kamu masuk ke ruang penyerahan emas.

Pos Indonesia
Pak Pos Jadoel/Setiapsen.com/twitter @PosIndonesia
Pak Pos Jadoel/Setiapsen.com/Foto: Twitter @PosIndonesia


Bila ingin membeli emas di Pos Indonesia jangan lupa membawa identitas diri. Proses awalnya, kamu akan diminta registrasi lalu melakukan pembayaran di loket. Nah, setelah itu pembeli akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan kapan emas bisa diambil.

Jangan ragu soal keamanan dan keaslian emas di kantor pos. Emas yang di sana sama-sama keluaran Antam. Namun, harga emas di Pos Indonesia sedikit lebih mahal. Tapi ya wajarlah, ketimbang kamu harus jauh-jauh pergi ke gerai Antam yang jumlahnya masih terbatas itu.

Sayangnya, hingga saat ini gerai Pos Indonesia baru melayani pembelian, belum sampai tahap penjualan.

Pegadaian
Logo Pegadaian/setiapsen.com
Logo Pegadaian/setiapsen.com


Emas batangan di Pegadaian bisa secara tunai maupun angsuran. Emas yang disediakan dari 5 gram sampai 1 kilogram.

Bila membeli secara angsuran, uang mukanya mulai dari 10% sampai 90%. Sedangkan jangka waktunya mulai 3 sampai 36 bulan. Logam mulia akan diserahkan setelah angsuran lunas. Kalau beli tunai, pembeli langsung mendapat emas.

Sama halnya dengan kantor pos, harga di Pegadaian juga lebih mahal ketimbang di Gerai Antam. Bedanya, Pegadaian melayani jual-beli. Jadi kamu bisa menjual emas ke gerai Pegadaian.

Bank Syariah
Teller Bank Syariah Mandiri/Setiapsen.com/Foto: banksyariahmandiri
Teller Bank Syariah Mandiri/Setiapsen.com/Foto: banksyariahmandiri


Sama seperti di Pegadaian, bank syariah juga memberikan layanan pembelian emas dengan prinsip syariah secara tunai maupun cicilan. Beberapa bank syariah seperti Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, Bank Muamalat dan sebagainya telah menyediakan layanan pembelian emas.

Toko emas online
Emas, logam mulia, emas batangan/setiapsen
Foto: Logammulia.com


Nah, seiring dengan tren digital, kini juga ada toko emas online. Ada beberapa website toko emas yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk membeli emas. Salah satunya Orori.com.

Cara transaksinya cukup mudah. Kamu tinggal pilih dan tentukan jumlah yang kamu inginkan. Lalu klik ‘Beli Sekarang’. Detail pembelian dapat dilihat di ikon Keranjang di kanan atas. Setelah rampung, klik ‘Checkout’ untuk melanjutkan pembayaran.

Masukkan email dan kata sandi kamu. Bila belum terdaftar, kamu bisa memasukkan data diri dan alamat pengiriman. Lanjutkan proses pembelian dengan memilih metode pembayaran yang bisa kamu pilih.

Bagaimana, sudah menentukan pilihan?

Tags

Related Articles

8 Comments

  1. Kalo beli emas yang penting ada surat resmi dari emas yang dibeli karena misalkan kita jual kembalipun mudah kalo suratnya lengkap. Seperti misal saat kita butuh untuk menjual atau dana butuh untuk kebutuhan mendesak bisa di gadai di pegadaian dan kita akan dimintai juga surat dari emas yang kita gadai. IG : @nurcoolice_

  2. Aku pernah pakai aplikasi E-mas dari Orori, emang membantu banget sih saat mau nabung. kisaran harga emas diupdate tiap hari, Bayarnya juga gampang karena bisa pakai gopay. tapi sayang, hpku ilang dicopet orang, sejak ganti hp belum install aplikasi itu lagi.

    IG: @el_fietry

  3. Yang paling diperhatikan saat beli emas batangan diluar antam, pegadaian, bank, atau lembaga resmi lainnya adalah keaslian sertifikat, karena untuk emas batangan sudah pasti ada sertifikat resminya.
    Di era digital yang sangat memudahkan, menurut saya artikel ini sangat berguna sebagai referensi membeli emas batangan.

    IG & Twitter : ZhafiraNZ

  4. Investasi emas di era milenial ini semakin diminati, karna sifatnya yang liquid dan harga cenderung naik tiap tahun. Secara pribadi aku juga menyukai investasi berupa emas di banding properti, jika berupa emas, saat ini butuh, saat ini bisa cair jadi uang. Jika properti, walo harga mungkin naiknya bs lbh banyak dari emas, penjualan kembalinya tidak mudah dan butuh waktu lama. Yang terpenting saat investasi emas, memang bentuk batangan bersertifikat. Aman, terjamin..
    Link IG @princessmerry_ok >>> https://www.instagram.com/princessmerry_ok/
    Twitter : @princessmy82

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close