Investasi

Berapa Umurmu Sekarang? Seharusnya Kamu Sudah Punya Uang Segini

Kita perlu tahu beda rekening tabungan dengan rekening tunai. Rekening tabungan artinya, kamu tidak menggunakan uang di rekening itu untuk kebutuhan sehari-hari. Rekening tabungan banyak bentuknya. Bisa investasi ataupun deposito. Sementara rekening tunai, itu intinya kamu menggunakan uang itu untuk kebutuhan sehari-hari.

Nah, sekarang coba jawab pertanyaan ini. Berapa jumlah tabungan di rekening kamu saat ini? Apakah jumlahnya setara dengan setengah tahun penghasilan? Atau bahkan lebih dari itu? Jangan-jangan uang di rekening hanya cukup untuk hidup satu bulan?

Pakar keuangan Kimmie Greene mengatakan semakin dini seseorang menabung makin bagus untuk masa depan. Jumlah uang yang ditabung, menurutnya, sangatlah personal. Sebab, masing-masing orang memiliki penghasilan berbeda-beda.

Uang tunai, rupiah, menabung, mengelola uang/setiapsen.com/shutterstock
Foto: Shutterstock

Namun, yang pasti ada kalkulasi seberapa banyak jumlah tabungan yang dimiliki sesuai usia. Dilansir CNBC.com dia mengatakan pada usia 20-an, seseorang harus menabung minimal 25% dari seluruh penghasilan kotor bulanan.

Usia 30 tahun

Pada fase ini, jumlah tabungan yang disarankan harus setara dengan penghasilan tahunan kamu. Misalnya, penghasilan kamu Rp60 juta per tahun. Artinya, kamu harus memiliki tabungan (bisa uang tunai maupun investasi lainnya) sebesar Rp60 juta.

Usia 35 tahun

Jumlah tabungan dua kali gaji tahunan.

Usia 40 tahun

Jumlah tabungan tiga kali gaji tahunan.

Usia 45 tahun

Jumlah tabungan empat kali gaji tahunan.

Usia 50 tahun

Jumlah tabungan lima kali gaji tahunan.

Usia 55 tahun

Jumlah tabungan enam kali gaji tahunan.

Usia 60 tahun

Jumlah tabungan tujuh kali gaji tahunan.

Usia 65 tahun

Jumlah tabungan delapan kali gaji tahunan.

Memang terlihat agak mengejutkan atau mustahil untuk dicapai. Greene mengatakan banyak orang terkendala dalam memulai tabungan. Namun, hal ini harus dipaksakan. Semakin dini mulai menabung, akan makin mudah mencapai jumlah ideal tersebut.

Greene menyebut hidup tak selalu berjalan sesuai keinginan. Ada kalanya kita harus menabung lebih banyak atau lebih sedikit pada tahun-tahun tertentu. Namun semua akan berjalan lancar kalau kita punya komitmen kuat untuk menabung.

Masa tua tenang

Menabung itu penting untuk mempersiapkan hari tua. Ini penting agar kita tidak membebani anak ketika kita tidak produktif lagi. Kita bisa hidup dengan uang di rekening kita sendiri. Sehingga, anak-anak bisa leluasa untuk menjalani kehidupan mereka.

Kendati demikian, seorang anak yang telah bekerja tetap akan memberikan sebagian gajinya untuk orangtua. Sebagai tanda bakti pada orang yang telah membesarkan. Meski tak ada aturan tertulisnya. Tradisi (kebiasaan?) ini berlaku sejak purba hingga sekarang.

Faktanya, survei Cigna 360 pada 1000 responden di Indonesia menyebut 44% masyarakat berharap anak mereka akan mengurusnya saat pensiun kelak. Kondisi ini kerapkali membuat anak-anak muda pusing mengatur keuangan.

Putar lagi uangmu

Nah, biar anak-anak kita kelak mengalami nasib serupa. Kita harus cerdas untuk menambah aset. Daripada uang itu mengendap di tabungan, mending kita pindahkan ke instrumen keuangan.

Ya, dengan berinvestasi, tujuan keuangan Anda akan lebih mudah terwujud. Misalnya untuk pendidikan, pernikahan, memiliki mobil baru atau properti, ataupun sekadar untuk jalan-jalan keliling dunia.

Jangan tunggu kaya dulu, baru investasi. Itu salah. Mau gaji kecil atau besar, harus ada yang disisihkan untuk investasi.

Simulasi

Saat ini mungkin penghasilan kamu Rp 5 juta per bulan. Dari gaji itu coba sisihkan Rp 700.000. Itu artinya dalam setahun uang yang berhasil dikumpulkan Rp 8,4 juta.

Lalu, bila uang itu diinvestasikan pada produk investasi dengan keuntungan 6% per tahun, kamu akan mendapat keuntungan sekitar Rp 504.000. Nah, di tahun kelima uang yang kamu dapat bisa mencapai Rp 10,92 juta. Lumayan bukan?

Mungkin Penting Buat Kamu:

Tags

Related Articles

14 Comments

  1. Yap.benar idealnya seperti ini.tapi utk sekarang selah menikah tabungan malah makin menurun.Semoga masih bs dipaksakan..seperti artikel di atas
    Ig:@paulus.susilo
    Twitter:@pauljog

  2. Saya sangat setuju, walaupun belum bisa sepenuhnya. Karena baru tahu prosentase tabungan yang harus dimiliki setiap orang dengan skala usia. Namun minimal sudah berusaha menerapkan langkah di atas. @koh_zen

  3. Waduuh umur udah mau kepala 3 tapi tabungan gk smpe puluhan juta, emang jaman sekarang yg namanya nabung itu susaaah banget apalagi banyak produk2 lucu jadinya boros banget. Terimakasih yaa tipsnya berguna banget. Ig : @ayutika68

  4. artikel yang menarik, karena saya sebelumnya tidak pernah berfikiran seperti ini. coba aja saya dari dulu baca artikel seperti ini, bisa memanage dan mengatur seharusnya 😊
    .
    belum ada kata terlambat untuk menabung, semoga bisa sesuai rencana

    IG & Twitter: megaafrianita

  5. Hehehehe jadi mulai berhitung nih setelah baca artikel ini, aku analisa sih memang kadang karna memenuhi gaya hidup jadi pengeluaran membengkak dan tabungan berkurang. Hmm harus pandai atur keuangan lagi nih. Acuan ini bisa dijadikan patokan minimal jumlah tabungan, lebih besar dari acuan, pasti lebih baik, semangaaatt.. IG : @princessmerry_ok, twitter : @princessmy82

  6. Abis baca artikel ini lgsg berasa dpet pencerahan…hehehehe.
    Di umur 27 tahun ini jadi makin semangat buat nabung n investasi..
    Trima kasih, bisa buat plajaran hidup saya…hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close