Investasi

Biar Nggak Rugi, Ketahui Hal ini Sebelum Beli Asuransi kesehatan

‘Jangan sampai sakit karena sakit itu mahal’, begitu kata sebagian orang. Biaya medis memang tak murah, apa lagi bila sudah terkena penyakit yang menahun dan cukup berat. Pemerintah pun tak tinggal diam dan kini setiap Warga Negara Indonesia berhak dan malah disarankan wajib menjadi anggota BPJS Kesehatan.

Kebijakan ini ternyata cukup membantu banyak orang meskipun faktanya di lapangan banyak juga kendalanya. Minat masyarakat untuk mendaftarakan diri ke BPJS Kesehatan  saat ini memang cukup besar. Kajian Detik.com memperlihatkan optimisme tinggi masyarakat, yaitu sebesar 72 persen Warga Negara Indonesia atau sekitar 187.982.949 orang sudah menjadi anggota BPJS Kesehatan. Data ini dirangkum hingga 31 Desember 2017 dan selama empat tahun program ini berjalan. Pada Mei 2018, bahkan peserta BPJS Kesehatan sudah tembus 200 juta jiwa menurut CNN Indonesia

Tapi selain BPJS Kesehatan, kamu sendiri juga perlu memiliki asuransi kesehatan swasta. Keduanya memiliki banyak plus minus yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kamu. Contohnya, asuransi kesehatan swasta cenderung lebih mahal preminya dan memiliki banyak jenis termasuk penyakit apa saja yang ditanggung dan tidak ditanggung, Semakin tua umur kamu, preminya juga semakin mahal, dan bila kamu perokok, siap-siap deh merogoh kocek lebih besar untuk bayar premi.

BPJS Kesehatan memang bersifat wajib namun di lapangan, layanannya tidak jarang mendapat keluhan dari pasien, meski manfaat yang diberikan BPJS Kesehatan secara umum lebih lengkap dibanding asuransi kesehatan swasta.


Mungkin Penting Buat Kamu:


Nah buat kamu yang sudah jadi anggota BPJS Kesehatan dan masih membutuhkan asuransi kesehatan swasta untuk layanan yang lebih baik, hal-hal berikut ini bisa kamu jadikan acuan untuk membantu mendapatkan asuransi yang cocok untuk kondisi dan kebutuhan kamu:

Sesuaikan premi dengan kebutuhan dan kondisi

Asuransi kesehatan swasta menawarkan banyak plan dan manfaat. Setiap perusahaan asuransi juga memiliki banyak pilihan produk yang menarik. Kamu harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kamu. Misalnya, semakin tinggi plan yang kamu mau pastinya akan semakin mahal premi yang harus kamu bayar. Pastikan kamu punya alokasi dana yang cukup untuk membayar premi sesuai plan yang kamu pilih.

Masa pembayaran premi

Pastikan kamu mengetahui berapa lama kamu harus membayar premi dan bagaimana pilihan pembayarannya. Ada asuransi yang menawarkan pembayaran premi tiap bulan dan ada juga yang per tahun. Kamu juga perlu tahu tentang komitmen pembayaran premi. Misalnya, beberapa produk asuransi menawarkan masa pembayaran 10 tahun dengan perlindungan hingga kamu berumur 70 tahun.

Apa saja manfaat yang ditawarkan?

Sebelum memutuskan produk asuransi apa yang akan kamu beli, pastikan kamu mengetahui manfaat apa saja yang kamu dapat dari asuransi tersebut. Tanyakan resiko apa saja yang ditanggung dan apakah bisa menanggung anggota keluarga kamu yang lain. Pastinya kamu juga ingin perlindungan yang maksimal dari asuransi yang kamu beli, bukan?

setiapsen.com/foto: Shutterstock

Rumah sakit mana saja yang bisa jadi rujukan?

Jumlah rumah sakit bisa menjadi acuan kamu untuk memilih asuransi. Semakin banyak rumah sakit yang menjadi rujukan, berarti produk asuransinya sudah diterima luas. Tentu saja kamu juga semakin tenang karena tak perlu repot mencari rumah sakit tertentu yang jadi rujukan.

Cashless atau reimburse?

Ada produk asuransi yang langsung mengurus semua administrasi pembayaran bila kamu harus rawat inap sehingga kamu nggak perlu repot mondar-mandir ke bagian administrasi untuk menyelesaikan pembayaran. Namun ada juga yang menggunakan sistem reimburse, artinya kamu harus mengurus semua pembayaran administrasi terlebih dahulu dan setelah itu baru melakukan reimbursement ke perusahaan asuransi. Jangan lupa untuk menyertakan kopi resep dan laporan diagnosa yang sudah ditandatangani dokter.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close