Work

Bingung Memulai Bisnis? Ini 5 Pilihan yang Cocok Untuk Millennial

Millennial memang punya cara sendiri untuk menorehkan karya. Tak bisa dipaksa untuk patuh pada jam kantor, generasi zaman now ini cenderung untuk memilih membangun bisnisnya sendiri meski kadang mengundang banyak keraguan dari orang sekitarnya.

Seperti yang dilansir oleh inc.com, sebanyak 66 persen millennial ingin merintis usahanya sendiri. Selain karena sikap mereka yang cenderung ingin bebas, fakta ini didorong juga oleh kebiasaan millennial yang dekat dengan gawainya, fokus dengan teknologi terkini, suka dengan sesuatu yang ringkas dan ingin mengerjakan sesuatu berdasarkan kesukaan mereka.

Namun millennial yang menggebu-gebu ini tak jarang terbentur dengan kebingungannya untuk memilih jenis bisnis yang sesuai. Kalau kamu termasuk salah satu di antaranya, beberapa daftar berikut mungkin bisa menginspirasi kamu untuk memulai bisnis sendiri:

Developer website

Dengan semakin berkembangnya bisnis berbasis teknologi, memiliki website adalah sebuah keharusan. Tak hanya bisnis yang dikelola perusahaan besar, namun usaha menengah dan kecil pun kini mudah ditemui website-nya. Berawal dari semakin maraknya orang menggunakan platform blog sebagai wadah untuk berekspresi dan juga berbisnis, kebutuhan akan memiliki portal dengan menu dan desain mumpuni pun terus berkembang. Jasa hosting-pun bermunculan dengan segala tawaran diskon dan kemudahan layanan. Ini menjadi indikator kalau jasa pembuatan dan maintenance website kini semakin dibutuhkan.


Mungkin Penting Buat Kamu:


Vlogging

Salah satu pekerjaan ‘kekinian’ yang semakin menyenangkan ini mulai terbukti membuahkan hasil. CEO YouTube, Susan Wojcicki melansir data yang menjelaskan bahwa penonton YouTube dengan rentang usia 18 hingga 49 tahun jumlahnya lebih banyak daripada penonton dengan rentang usia yang sama di platform televisi. Jumlah penonton tersebut bahkan diakui Susan menjangkau lebih banyak orang daripada jangkauan 10 program televisi populer.

Fakta ini menandakan bahwa kini banyak orang mulai bergeser untuk menyaksikan sesuatu yang berbeda dan lebih fleksibel. Ini juga berarti kesempatan buat kamu untuk berkreasi dengan unik di YouTube. Menurut data dari Kompas.com, pada 2015 saja penonton YouTube di Indonesia adalah yang terbesar di Asia Pasifik dengan durasi mengakses naik 130 persen dari tahun sebelumnya.

 

setiapsen.com/foto: Shutterstock

Blogging

Nggak sulit kok mengawali karir sebagai blogger. Saat ini platform untuk membuat blog juga banyak tersedia, dan kamu bisa membuat blog dengan gratis lengkap dengan berbagai fitur tampilan dan template yang keren. Beberapa platform yang bisa kamu coba gratis adalah blogspot, wordpress, dan wix.

Jangan kaget bila hanya dengan nge-blog saja kamu bisa mendatangkan uang dan juga popularitas yang tak disangka-sangka. Kalau kamu serius mendalami aktivitas blogging ini, ada baiknya kamu mengalihkan blog kamu ke layanan hosting blog kamu tampil lebih profesional dan bisa monetizing dengan lebih maksimal.

Bisnis kudapan

Buat kamu yang ngaku dirinya foodie sejati, bisnis yang satu ini wajib kamu coba. Siapa sih yang nggak butuh ngemil? Kudapan, apalagi yang dikemas dengan model ‘kekinian’ sangat disukai oleh hampir semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Ide untuk makanan pun bisa sangat sederhana, seperti mi instan yang diberi keju, makaroni telur atau telur gulung yang dulu pernah jadi favorit. Untuk memasarkannya pun tak sulit, kamu bisa memaksimalkannya di media sosial dengan gratis atau berbayar, sesuai dengan kebutuhan.

Jastip (Jasa titip)

Kamu yang suka traveling bisa banget mencoba bisnis yang satu ini. Bisnis yang dinilai masih baru ini secara teknis sangat mudah, dan sebagian tak perlu modal besar. Kamu cuma harus memotret barang-barang yang sedang tren di pusat belanja tertentu dan mengunggahnya ke media sosial sebagai media jualan kamu. Berkat maraknya media sosial, jastip kini semakin marak diminati, terlebih buat yang senang traveling dan sering dititipi oleh-oleh.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close