Work

Buka Usaha di Singapura dengan Kartu Employment Pass? Ini Caranya

Bermimpi untuk buka usaha atau bekerja di luar negeri? Nah di Singapura kamu bisa melakukannya dengan menggunakan Employment Pass. Ini semacam visa yang biasa digunakan untuk bekerja di Singapura atau membuka bisnis atau merintis karir. Tapi sebelum kamu memutuskan untuk membuat Employment Pass, ketahui dulu hal-hal berikut yang kami rangkum dari Osome, sebuah perusahaan pengembangan bisnis di Singapura berbasis sistem teknologi cloud:

Apa itu Employment Pass?

Employment Pass (EP) adalah surat izin bekerja (visa kerja) yang dikeluarkan oleh pemerintah Singapura sehingga para pekerja seperti para profesional, manajer eksekutif, dan teknisi asing dapat bekerja di Singapura sesuai dengan perusahaannya, sekaligus bisa membawa keluarga untuk tinggal di Singapura. EP berlaku selama satu hingga dua tahun, dan setelah itu bisa kamu perpanjang lagi.

Mudahkah mengurusnya?

Tentu, karena dokumen yang diperlukan pun lebih sederhana. Kalau kamu apply untuk EntrePass (visa yang dirancang khusus untuk wirausahawan), kamu juga harus memberi bukti solvabilitas atau kemampuan perusahaan untuk memenuhi semua kewajibannya. Untuk memenuhi syarat, kamu memerlukan Government Grant (hibah pemerintah) atau dukungan inkubator bisnis dan rekam jejak progres usaha yang kamu miliki. Sedangkan untuk pengajuan EP kamu harus membuktikan bahwa memang diri kamu sesuai dengan kriteria yang sedang dicari oleh perusahaan yang akan mempekerjakan kamu di Singapura.


Penting Buat Kamu:


Apa saja yang dibutuhkan?

Untuk pengajuan EP, Karena ini adalah proses untuk sebuah visa kerja, maka kamu juga akan dievaluasi sebagai profesional dan apakah kamu sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Berikut ini adalah yang biasanya menjadi kriteria bagi perusahaan:

  • Jumlah gaji tetap yang diminta. Hal ini akan menjadi pertimbangan perusahaan untuk menilai kamu dan kapasitas kamu untuk mendukung finansial diri sendiri dan keluarga.
  • Pengalaman profesional yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan. Semakin mengesankan CV kamu, semakin tinggi peluang kamu berkarir di Singapura.
  • Pendidikan. Nah kalau kamu lulusan almamater yang berkualitas dengan gelar yang meyakinkan, tentu ini bisa jadi nilai tambah. Namun jangan khawatir bila kamu nggak memiliki hal ini karena pengalaman bekerja yang baik dan gaji yang sesuai juga bisa jadi nilai tambah.
  • Profil usaha dan deskripsi produk yang matang. Bisnis yang memiliki prospek bagus tentu akan mempermudah kamu mendapatkan EP.

Dalam beberapa kasus, pihak otoritas akan meminta kamu untuk melakukan medical check up. Ini bisa dilakukan di Singapura atau di rumah sakit terdekat dengan laporan lengkap berbahasa Inggris.

Foto: Pixabay

Berapa standar gaji yang harus diajukan?

3.600 dolar Singapura per bulan adalah jumlah minimum untuk lulusan universitas. 6.000 hingga 8.000 dolar Singapura untuk kamu yeng sudah memiliki pengalaman. Kalau kamu membawa keluarga, kamu bisa meminta gaji lebih tinggi hingga 12.000 dolar Singapura karena memiliki tanggungan. Usia dan negara asal juga menjadi pertimbangan untuk bisa meloloskan kamu. Kamu juga bisa menjajal kemampuan kamu dengan ikut tes di situs ini untuk memprediksi peluang kamu.

Haruskah datang ke Singapura untuk apply EP?

Tidak harus. Permohonan EP bisa dilakukan melalui agen lokal dan begitu EP siap, kamu akan menerima IPA (In-Principal-Approval) yang berfungsi sebagai visa kerja untuk satu kali kunjungan selama enam bulan.

Bagaimana caranya bila membawa keluarga?

Kamu bisa mengajukan permohonan Dependent Passes (DP) untuk pasangan dan anak-anak yang belum menikah di bawah 21 tahun. Kamu juga bisa membawa orang tua, keluarga dari pasangan, hingga anak tiri dengan menggunakan Long Term Visit Pass. Pastikan bahwa penghasilan kamu cukup untuk membiayai semua tanggungan kamu.

Berapa lama proses pengajuan?

Bila kamu sudah memiliki perusahaan, biasanya sekitar satu hingga dua bulan. Namun bila kamu baru berencana untuk membangun usaha di Singapura, biasanya memakan waktu tinga hingga enam bulan sebelum kamu menerima EP.

Berapa biayanya?

Untuk permohonan EP biayanya sebesar 800 hingga 1.200 dolar Singapura sedangkan untuk permohonan Dependent Pass biayanya sebesar 400 hingga 500 dolar Singapura.

Bagaimana bila EP ditolak?

Kamu memiliki waktu tiga bulan untuk mengajukan banding dan sebaiknya menggunakan agen khusus yang biasa mengurus hal ini agar permohonan kamu terlihat meyakinkan di Kemeneterian Ketenagakerjaan. Bila masih ditolak juga, maka kamu harus mengajukan permohonan dari proses awal lagi.

Bisakah jadi warga permanen menggunakan EP?

Tentu saja bisa. Setelah enam hingga 12 bulan memiliki EP, kamu dan keluarga bisa mengajukan permohonan untuk Permanent Resident.

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close