Investasi

Cara Hidup Asyik Si Boros Duit, Mau Coba?

Cara mendapatkan uang saat ini tergolong mudah. Apa saja bisa dijadikan duit. Tergantung pintar-pintarnya kita berkreasi, duit akan datang sendiri. Namun sayangnya, duit juga cepat pergi. Ini kerap dialami si boros duit.

Seringkali, kita menghabiskan uang lebih cepat ketimbang waktu untuk mendapatkannya. Duit yang diperoleh dari bekerja seminggu, langsung habis dalam sehari. Kasus ini jamak terjadi. Jangankan buat mempersiapkan hari tua, tabungan untuk menikah saja belum punya.

Padahal, kita semua tahu bahwa kekayaan tidak jatuh begitu saja dari langit. Kesejahteraan dan kekayaan perlu strategi dan perencanaan keuangan dengan matang. Soal yang terakhir ini yang susah: merencanakan keuangan.

Foto ilustrasi. (Shutterstock)

Sebenarnya, kamu bisa menghemat uang dengan sederhana. Beberapa trik ini mungkin bisa kamu gunakan.

Kenyangkan perut sebelum nongkrong

Namanya nongkrong, minimal di kafe. Ngobrol sana-sini enaknya sambil ngopi. Dan, tentu saja, bayar masing-masing. Kalau kamu datang ke tongkrongan dengan perut lapar, ini bahaya. Dijamin kamu akan mengeluarkan uang lebih banyak.

Harga makanan dan minuman di kafe mana ada sih yang murah? Secangkir kopi saja bisa-bisa paling murah Rp10 ribu. Apalagi makanan berat.

Jadi, biar tidak keluar banyak uang pastikan makan dulu sebelum sampai tempat tongkrongan. Kamu bisa singgah di warteg atau warung padang saat menuju tempat tongkrongan. Kan enak nongkrong dengan perut kenyang. Pikiran juga lebih anteng. Dan yang pasti makin irit duit.

Cari harga terbaik dari dua atau tiga toko

Lagi pengin beli baju? Aksesoris ponsel? Atau pernak-pernik kecil lainnya? Pastikan kamu mendapatkan harga terbaik. Paling murah kalau bisa. Sisihkan sedikit waktu untuk masuk ke beberapa toko daring maupun fisik.

Jangan ragu-ragu pula untuk menawar. Tidak perlu takut dicap ‘pembeli nyinyir‘. Ingat, bukankah kamu yang punya uang? Kamu punya kuasa penuh untuk menentukan. Perusahaan yang punya duit besar saja pasti membandingkan harga dari minimal 3 vendor. Tapi jangan ‘Afgan’ kalau nawar ya.

Beli pakaian warna netral, jadi kamu tidak membutuhkan banyak pakaian

Kenapa harus warna netral? Sebab warna netral bisa dipadupadankan dengan koleksimu yang sudah ada di lemari. Kalau saat ini kamu berniat beli baju baru, coba tengok koleksi lemarimu.

Jika kamu mau menonjolkan baju netral itu dengan warna, maka kamu bisa memadukannya dengan selendang, cardigan, pin, dasi, jaket.

Teknik sederhana ini bisa membuat seluruh pakaianmu kompak. Satu sama lain bisa saling melengkapi. Kamu dapat dengan mudah memadukan dan mencocokkan item dari seluruh pakaianmu.

Trik ini bisa berjalan lama bila baju yang kamu beli itu punya kualitas bagus. Periksa jahitan. Apakah jahitannya halus dan padat? Apakah kainnya terasa kuat dan tidak terasa mudah robek di tangan? Garmen yang cocok dengan kedua faktor tersebut cenderung bertahan lebih lama daripada pakaian dengan jahitan tidak merata atau kain tipis.

Hapus informasi akun kamu dari situs e-commerce

Coba buka histori pesanann kamu di e-commerce. Lihat berapa banyak uang yang kamu belanjakan. Barang apa saja yang sudah dibeli?

Kalau kamu terkejut dengan besarnya pengeluaran, sementara barang-barang yang kamu beli tidak terlalu berfungsi. Maka, sebaiknya kamu segera menghapus akun/data kamu di e-commerce.

Cara sederhana ini akan membuat kamu tidak mudah melakukan pemesanan lagi. Tentu, ini akan merepotkan bila kelak ingin berbelanja kembali. Namun, percayalah, justru dengan tak memiliki akun, kamu akan punya waktu untuk menimbang penting-tidaknya barang tersebut.

Trik ini, bukan berarti selama ini kamu tidak mempertimbangkan saat mau beli barang. Namun, dengan cara ini, setidaknya kamu tidak akan dengan mudah membuang uang lagi.

Bawa minuman dan bekal makanan

Banyak yang menghabiskan uang cuma untuk secangkir kopi. Belum lagi membeli makan siang. Padahal, uang yang kita keluarkan untuk keduanya jauh lebih besar ketimbang kita bikin sendiri.

Cara paling mudah adalah menyiapkan semuanya sebelum kamu tidur. Daripada menghabiskan waktu untuk stalking medsos, mending buat masak. Masakan ringan, seperti tumis lebih praktis ketimbang bikin opor ayam.

Pagi hari, kamu tinggal panaskan lagi sebelum di bawa beraktivitas ke luar rumah. Jangan lupa juga bawa air minum sendiri. Kalau mau kopi, bawa kopi itu dalam kemasan yang tahan panas.

Coba mulai hari ini

Mungkin trik itu terlihat susah untuk dijalankan. Tapi, tak ada salahnya mencoba kan? Lakukan dalam satu hari saja. Lalu, lihat berapa uang yang bisa kamu sisihkan.

Nah, bila bisa mengurangi kadar boros kamu, tak ada salahnya untuk menerapkannya terus. Atau kamu punya trik mudah lainnya untuk menghemat uang? Silakan tulis di kolom komentar ya.

Mungkin Penting Buat Kamu:

Wajib Dipraktikkan! 6 Cara Mudah Kaya Raya di Usia Muda
Millennial Jangan Ragu Berinvestasi! Ini Pilihannya
Politik Kantor Jangan Dihindari, Ini Cara Memenangkannya!
Kamu Bisa Memberikan Utang ke Negara

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close