Investasi

Cara Jitu Investasi dengan Gaji Pas-Pasan

Memang tidak semua orang punya penghasilan berlebih, namun semua orang bisa melakukan investasi meskipun dengan penghasilan yang pas-pasan. Kalau kamu seorang karyawan, setidaknya beberapa hal berikut ini pasti kamu alami: gaji tetap, gaji yang bertambah dalam jangka waktu tertentu, hanya punya waktu luang di hari Sabtu dan Minggu, dapat bonus yang datangnya sekali-sekali.

Menurut pakar keuangan, Safir Senduk yang dirilis Liputan6, seorang karyawan yang ingin berinvestasi seharusnya memilih jenis investasi yang sesuai dengan kondisi keuangan dan penghasilan. Investasi yang dipilih haruslah bisa dimasuki oleh karyawan dengan berbagai kondisi keuangan, bisa dilakukan rutin tiap bulan, sebagaimana gaji yang rutin, dan memiliki hasil yang baik. Usahakan hasil investasnya lebih baik dan paling tidak berbeda dengan suku bunga tabungan bank umumnya.

Ilutrasi investasi, keuangan, saham, reksadana, fintech/setiapsen.com
Setiapsen.com/Foto: Shutterstock

Berinvestasi memang bisa membuat hidup kamu jadi lebih tenang, namun jangan menginvestasikan seluruh atau mayoritas dana kamu, mengingat investasi, apa pun jenisnya pasti mengandung unsur resiko untung rugi. Pastikan kamu tahu ke mana dana kamu akan ditempatkan dan kira-kira seberapa menguntungkan hasil akhirnya nanti.

Nah dengan gaji pas-pasan sebetulnya kamu juga bisa melakukan investasi di berbagai produk ini. Ingat, bahwa minim modal kini bukanlah alasan untuk tidak berinvestasi:


Mungkin Penting Buat Kamu:


Tabungan emas

Investasi ini biasanya dilakukan individu, bukan perusahaan. Tabungan emas ini adalah tabungan yang memiliki nilai emas, seperti 1 gram, 5 gram dan 10 hingga 25 gram. Pelakunya biasanya menggunakan perantara dari bank atau dari Pegadaian. Berbeda dengan emas yang dananya tidak bisa digunakan secara mendadak, tabungan emas justru bisa dicairkan sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan dan kondisi. Emas memang terbilang cukup aman untuk kondisi kapan pun karena harganya yang cenderung stabil.

Dolar

Investasi dolar terbilang cukup menguntungkan, mengingat dolar adalah mata uang yang menjadi patokan dalam perekonomian dunia dan nilainya bersifat tetap. Keuntungan dolar adalah mata uang ini bisa digunakan untuk perjalanan ke luar negeri dan bisa diterima di banyak negara. Perlu kamu tahu bahwa mata uang dolar juga harus tersimpan dengan rapih karena bila ada cacat sedikit saja, maka nilainya akan jatuh. Nah kalau kamu tertarik untuk berinvestasi dala dolar, kamu bisa baca ulasan kami di sini.

Reksa dana

Investasi ini bisa kamu lakukan meski dengan gaji kamu yang hanya sekitar empat juta rupiah per bulan. Untuk memulai pertama kali, disarankan untuk mencoba reksa dana pasar uang. Memang hasil yang didapat tidak setinggi saham, namun sebagai investasi awal dengan penghasilan minim, reksa dana pasar uang cukup menjanjikan. Dalam beberapa tahun terakhir ini, reksa dana memang cukup banyak diminati.

Menariknya, kamu bisa bergabung di reksa dana hanya dengan modal beberapa ratus ribu saja dan setorannya pun tak harus tiap bulan, Memang hasilnya akan lebih besar bila kamu melakukan setorannya teratur setiap bulan. Mengenal reksa dana lebih jauh, kamu bisa mengikuti ulasan kami di sini.

Tabungan berjangka

Mirip dengan tabungan biasa, tabungan berjangka bisa dibilang sebagai perpaduan tabungan biasa dengan deposito berjangka. Cara kerja Tabungan berjangka juga cukup mudah. Kamu menyimpan uang tabungan di bank namun hanya bisa diambil dalam jangka waktu tertentu, mirip dengan deposito.

Waktu jatuh tempo untuk tabungan berjangka biasanya pada 1, 5 atau 10 tahun dan dana kamu hanya bisa diambil pada waktu tersebut. Dan kamu harus menyetor sejumlah dana setiap bulan dalam jangka waktu tertentu. Tabungan ini biasanya juga disertai dengan fitur asuransi jiwa. Setoran per bulannya pun cenderung ringan dengan bunga yang cenderung lebih menguntungkan dibanding tabungan biasa untuk hasilnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close