Save

Fakta-fakta Seputar Asuransi Jiwa yang Wajib Kamu Tahu

Perlindungan asuransi bisa diibaratkan dengan ungkapan “sedia payung sebelum hujan”. Peribahasa ini cocok buat kamu yang sudah memegang produk asuransi. Kamu sudah melakukan perlindungan diri sebelum musibah menimpa. Dengan berasuransi, risiko akan terjamin.

Contohnya, kalau kamu punya asuransi kesehatan, ketika jatuh sakit kamu tak perlu keluar biaya. Ongkos pengobatan sudah terjamin oleh perusahaan asuransi. Demikian pula dengan asuransi jiwa. Saat musibah itu menghampiri, ahli waris akan mendapat uang pertanggungan.

Maut memang susah diterka kapan datangnya. Tapi, jaminan untuk keluarga tercinta bisa direncanakan. Mereka, yang biasanya menggantungkan hidup dari para pencari nafkah, tidak akan kesulitan keuangan saat musibah datang. Di sinilah poin pentingnya asuransi jiwa.

Keluarga kecil bahagia/setiapsen.com/shutterstock
Kebahagiaan seperti ini bisa kapan saja menjadi kenangan/setiapsen.com. (Foto: Shutterstock)

Intinya, asuransi jiwa ini akan me-cover kerugian finansial yang tidak terduga akibat tertanggung meninggal dunia. Dengan catatan, selama hidupnya tertanggung memenuhi kewajiban membayar sejumlah premi pada perusahaan asuransi.

Kepala keluarga wajib punya

Asuransi jiwa adalah asuransi yang wajib dimiliki. Antara lain sebagai tameng perlindungan atas kehilangan penghasilan keluarga. Asuransi ini paling cocok dimiliki oleh kepala keluarga atau orang yang berstatus sebagai tulang punggung keluarga. Sebab, risiko kematian yang tidak diketahui kapan datangnya.

Asuransi jiwa: ayah, kepala keluarga kecil sedang mengajari anak naik sepeda/Setiapsen.com/foto: shutterstock
Seorang ayah, kepala keluarga kecil, sedang bermain dengan putrinya. (Foto: Shutterstock)

Tanpa asuransi jiwa, keluarga tercinta bisa kesulitan keuangan manakala sang tulang punggung keluarga berpulang. Beda cerita kalau si tulang punggung keluarga punya asuransi jiwa. Ahli waris akan berhak atas sejumlah uang pertanggungan sehingga laju perekonomian keluarga tidak terganggu untuk sementara waktu.

Tabungan

Selain itu, asuransi jiwa juga bisa menjadi tabungan kamu. Sebab pada jangka waktu tertentu kamu dapat menarik nilai tunai atas premi yang sudah kamu bayarkan. Atau bisa juga menarik sebagian nilai tunai dan sebagian tetap disimpan sebagai jaminan manfaat kematian. Bisa juga melanjutkan polis dan memang didedikasikan untuk keluarga sebagai warisan.

Pengelolaan keuangan, tabungan, investasi/setiapsen.com
Foto: Shutterstock

Premi yang sudah diakumulasi secara bertahun-tahun bisa dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan pemegang polisnya kala sudah tidak produktif lagi. Nah, dengan uang dari asuransi jiwa ini tentu tak akan terlalu merepotkan anak-anak kamu kelak. Jadi asuransi jiwa juga berguna untuk masa pensiun kamu.

Ternyata, manfaat asuransi jiwa sangatlah banyak. Kini, apakah kamu mulai tertarik untuk menggunakan produk asuransi jiwa? Berikut ini kita paparkan jenis serta plus-minus asuransi jiwa.

Asuransi jiwa berjangka (term life insurance)

Ini merupakan produk asuransi jiwa murni. Proteksi yang diberikan atas produk asuransi ini dilakukan secara berjangka sesuai kontrak. Ada yang menawarkan kontrak 5, 10, atau 20 tahun. Premi yang dibayarkan tetap dan biasanya murah.

Profesional muda sedang memilih produk asuransi jiwa/setiapsen.com/Foto: Shutterstock
Profesional muda sedang memilih produk asuransi jiwa/setiapsen.com/Foto: Shutterstock

Biasanya asuransi ini dimanfaatkan para nasabah yang memiliki kemampuan keuangan terbatas, untuk tujuan pendidikan anak. Bila si pemegang polis meninggal dalam masa kontrak maka keluarga berhak atas uang pertanggungannya. Akan tetapi bila sampai dengan kontrak selesai dan si pemegang polis tidak mengalami masalah kesehatan atau meninggal, premi dianggap hangus.

Asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance)

Seperti namanya, asuransi ini memberikan perlindungan seumur hidup. Manfaatnya lebih dari sekadar santunan kematian, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai tabungan untuk kebutuhan darurat. Jadi bila ada biaya rumah sakit yang harus dibayarkan, kamu bisa memanfaatkan asuransi ini.

Dengan asuransi ini, dimungkinkan pemegang polisnya untuk mendapatkan nilai tunai atas premi yang dibayarkan. Premi yang sudah dibayarkan bahkan tidak hangus bila tidak ada klaim.

Dengan asuransi, makin nyaman menatap masa depan/Setiapsen.com/Foto: Shutterstock
Dengan asuransi, makin nyaman menatap masa depan/Setiapsen.com/Foto: Shutterstock

Nah, bila kontrak berakhir, pemegang polis berhak atas seluruh uang pertanggungannya. Tapi jangan kaget bila nilai tunai atas premi yang dibayarkan tidak besar karena memang bunganya juga mini. Bahkan ada potongan pajak juga.

Asuransi jiwa dwiguna (endowment insurance)

Asuransi ini memiliki dua manfaat. Yaitu, sebagai asuransi jiwa berjangka sekaligus tabungan. Dengan asuransi ini ahli waris dari si pemegang polis bisa mendapatkan uang pertanggungan jika tertanggung meninggal. Akan tetapi, tertanggung juga bisa menarik polis asuransi sewaktu-waktu sebelum kontrak berakhir untuk mendapatkan uang pertanggungannya.

Menikmati masa pensiun dengan cucu kesayangan/Setiapsen.com/Foto: Shutterstock
Menikmati masa pensiun dengan cucu kesayangan/Setiapsen.com/Foto: Shutterstock

Asuransi ini cocok untuk tujuan pensiun, untuk kebutuhan pendidikan, atau untuk kebutuhan jangka panjang lainnya. Namun biasanya, asuransi jenis ini preminya cukup besar. Hal itu sepadan dengan manfaatnya yaitu sebagai pertanggungan atas kematian juga tabungan.

Asuransi jiwa unitlink

Mungkin kamu cukup akrab dengan nama produk ini. Tidak heran sih, karena produk ini yang paling banyak ditawarkan oleh perusahaan asuransi jiwa. Produk ini merupakan gabungan antara asuransi jiwa dengan investasi.

Asuransi ini menawarkan kepraktisan berinvestasi dengan tetap mendapatkan manfaat perlindungan diri dari kematian. Oleh para penjualnya, dengan memiliki unitlink, pemegang polis tidak hanya mendapatkan jaminan perlindungan tapi juga imbal hasil investasi. Biasanya, bunga yang ditawarkan cukup tinggi.

Ilustrasi investasi, keuangan, finansial, saham, reksadana/setiapsen.com
Foto: Shutterstock

Tetapi, bila dibandingkan dengan imbal hasil yang diberikan oleh investasi murni seperti saham, pasar uang, atau reksadana, imbal hasil unitlink kurang signifikan. Jika niat kamu memang mencari keuntungan dari berinvestasi, sebaiknya jangan mengoleksi unitlink.

Lebih baik melakukan investasi di produk yang memang untuk investasi seperti reksadana. Sementara perlindungan diri kamu cukup dengan asuransi jiwa. Dan asal tahu saja, jika investasi unitlink ini gagal atau hanya kecil keuntungannya maka pertanggungan yang kamu perolehan juga rendah.

Nah, sudah ada gambaran kan ihwal asuransi jiwa. Sekarang silakan putuskan produk asuransi jiwa yang cocok buat kamu. Pertimbangkan rencana dan tujuan kamu sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi jiwa.

Tags

Related Articles

6 Comments

  1. Saya sudah tutup semua asuransi unitlink. Untungnya kecil banget padahal saya tidak pernah klaim sakit. Kapok! Saran saya kalau mau asuransi, baiknya dipisah aja. Asuransi kesehatan sendiri, investasi sendiri. Karena setiap sen kita bergitu berharga.
    IG: @asnipiero

  2. Sebagai keluarga pejuang kanker, saya anjurkan semua orang punya asuransi, tapi ingat harus teliti memilih asuransi yg tepat! Pelajari dan bandingkan berbagai asuransi yg ada dan plus minus masing2. Krn ketika anda/ keluarga sakit kritis, setiap sen itu berharga! Saya menganjurkan generasi milenial kurangi hura2, jd sebagian uang hura2nya kau masukkan ke asuransi, itu lebih berguna buat masa depan mu & keluargamu kelak drpd sekedar foto2 instagramable yg mewah dan menguras kantong.

    IG: purplefrankie101

  3. Asuransi jiwa memang penting, tapi melihat nilai premi yang bisa ternyata bisa turun dr yang sudah disetorkan karena ada potongan pajak atau bunga yang minim tentu sangat berat untuk dipertimbngkan. Bagaimanapun kita melihat nilai manfaatnya, namun jika diujung tidak sesuai dengan manfaat yang ditawarkan tentu kita akan merasa rugi. Jika memilih untuk asuransi jiwa,, baiknya juga dilihat lagi perusahaannnya, karena banyak kasus yang tidak mengenakan terkait asuransi jiwa.

    IG & Twitter : ZhafiraNZ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close