Save

Hati-Hati, 3 Hal ini Adalah Transaksi Paling Boros di Kartu Kredit

Pakai kartu kredit memang menyenangkan dan memudahkan. Namun kalau tidak dikendalikan, bisa jadi malah merusak anggaran keuanganmu. Kelihatannya memang sederhana, tinggal gesek, semua transaksi selesai. Tahukah kamu saat ini dengan semakin berkembangnya teknologi cara belanja yang mudah juga semakin meningkatkan penggunaan kartu kredit?

Seperti yang dilansir oleh Republika, transaksi kartu kredit di e-commerce kini meningkat karena dianggap lebih mudah dan efisien.  Di situs Bukalapak bahkan transaksi  kartu kredit menduduki posisi nomor tiga dari keseluruhan transaksi.


Penting Buat Kamu:


Data ini juga diperkuat dengan laporan dari Kontan yang mengulas bahwa Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) memprediksi bahwa pertumbuhan kartu kredit di 2019 akan selevel dengan 2018, yaitu di kisaran lima persen dari sisi volume dan transaksi. Namun begitu peningkatan yang lebih tinggi masih bisa terjadi sebab dari sisi volume transaksi, tren menunjukkan peningkatan sejalan dengan pertumbuhan transaksi e-commerce.

Yang menarik adalah kajian dari Tempo yang melansir bahwa penggunaan kartu kredit untuk wisata adalah kontribusi terbesar untuk transaksi kartu kredit dari nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (BRI). Pada 2017, dari 8 triliun nilai transaksi, 15 persennya adalah kontribusi dari penggunaaan tujuan wisata.

Nah dari data penggunaan kartu kredit tersebut, ternyata ada juga penggunaan kartu kredit yang dinilai paling boros dan paling beresiko menguras tabunganmu dengan membayar cicilannya. Berikut beberapa di antaranya:

Beli gadget

Setiap ada tipe baru, langsung ganti gadget! Apakah kamu termasuk tipe pengguna kartu kredit yang seperti ini? Kalau ya, berarti kamu harus mulai waspada. Teknologi memang menarik untuk selalu di-update biar nggak ketinggalan zaman, terlebih inovasinya selalu berubah dari waktu ke waktu.

setiapsen.com/foto: Pixabay

Inovasi teknologi memang selalu menawarkan fitur mumpuni yang selalu menggiurkan. Namun ada baiknya kamu berpikir ulang untuk selalu ganti gadget. Pasalnya, sebetulnya tak semua fitur-fitur canggih itu kamu butuhkan meski terlihat menarik.

Urusan fashion

Yang satu ini memang nggak boleh ketinggalan. Tampil trendi dan menarik di kantor tentu idaman banyak orang yang aktif dan dinamis. Namun ada baiknya juga sesekali mengerem laju belanja kamu. Sering kali terjadi pakaian yang kita beli sebetulnya sudah kita beli beberapa waktu yang lalu atau milik kita sebelumnya masih bagus kualitasnya. Jadi bila belum perlu membeli yang baru, sebaiknya jangan belanja dulu.

Makan-makan

Memang paling enak sih kalau pulang kantor menejlang akhir pekan nongkrong dulu bareng teman-teman sambil ngopi dan makan-makan. Belum lagi kalau banyak promosi dari kartu kredit yang digunakan. Nggak salah sih kalau kamu ingin sekadar bersenang-senang sesekali. Tapi kalau ritual ini kamu jadikan acara rutin tiap minggu bahkan hampir setiap hari, tentu saja ini akan berbahaya.

Kartu kredit memang memiiki berbagai benefit bila kamu bisa mengoptimalkannya dengan tepat. Namun bila kamu khawatir akan menjadi boros atau anggaranmu bakal terganggu gara-gara kartu kredit, sebaiknya kamu bsa melakukan beberapa hal untuk membantumu jauh dari godaan kartu kredit.

Kamu hanya beraktivitas rutin ke luar rumah seperti ke kantor setiap hari, kamu bisa meninggalkan kartu kredit di rumah dan disimpan di tempat yang aman. Bawa kartu kredit bila hanya akan melakukan transaksi yang memang sudah direncanakan, seperti belanja bulanan.

Kamu juga bisa membatasi limit kartu kredit sehingga mencegah kamu dari penggunannya yang boros. Kalau kamu memiliki beberapa kartu kredit, cukup satu kartu saja yang memiliki limit besar untuk keperluan darurat. Pastikan kartu yang lain memiliki limit yang sesuai dengan kebutuhan dan penghasilan kamu.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close