Investasi

Hidup Makmur Usia 30-an, Lakukan ini di Usia 20-an

Senang-senang di usia muda sih boleh saja, namun bila senang-senangnya tiada henti, alih-alih ingin mencari jati diri di usia muda malah jadi bumerang di usia berikutnya, jatuh bangkrut dan impian hidup makmur pun sirna.

Percaya atau tidak, usia 20-an sebetulnya adalah kunci di mana kamu bisa melakukan banyak hal untuk bisa meraih sukses di usia 30-an. Punya rumah, berkeluarga, traveling dan bahkan punya usaha yang mandiri. Sayangnya di usia 20-an pula banyak yang terjembab dalam hal yang negatif, seperti tak punya rencana masa depan yang jelas, malas menjalin relasi, tak peduli masa depan dan yang paling sering terjadi adalah kecanduan belanja.

Nah, sebetulnya banyak yang bisa kamu lakukan di usia 20-an agar punya finansial yang mumpuni di usia 30-an.

Gaji pertama? Jangan kalap!

Siapa sih yang tak senang saat pertama kali menerima penghasilan? Mentraktir teman dan keluarga sebagai ungkapan syukur dan terima kasih sih tak ada salahnya. Namun kamu harus tetap menahan diri untuk tidak menghamburkan gaji pertamamu. Apa lagi untuk hal-hal yang bersifat semu dan minim manfaat. Beli smartphone baru, nyicil motor, traveling, dan belanja online setiap hari, sebaiknya ditunda dulu sejenak.


Mungkin Penting Buat Kamu:


Alokasi dana

Sebaiknya atur lalu-lintas dana yang kamu miliki. Caranya mudah! Miliki rekening khusus untuk tabungan dan jangan dicampur dengan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari. Atur dana yang kamu miliki menjadi beberapa segmen penting, misalnya: kebutuhan sehari-hari, investasi, dan tabungan. 

setiapsen.com/foto: Shutterstock

Kartu kredit? Nanti dulu!

Belanja dengan kartu kredit memang menggiurkan. Apa lagi banyaknya promosi yang ditawarkan sering menggoda untuk segera menggesek kartu. Tapi tunggu dulu! Menurut situs halomoney, anak remaja belum memiliki urgensi untuk memegang kartu kredit, mengingat faktor usia yang dianggap masih labil dan sulit mengendalikan godaan kartu kredit. Bila tak hati-hati kamu justru akan terjembab dalam lingkaran hutang.


Mungkin Penting Buat Kamu:


Pikirkan investasi

Waktu terbaik untuk berinvestasi ya sekarang! Investasi adalah salah satu cara agar hidup tetap mapan di usia tua. Berbagai pilihan investasi pun kini mudah ditemui. Investor sukses sekaligus miliarder Warren Buffet pun menganjurkan investasi sebagai bahan bakar meraih hidup mapan di usia berikutnya. Beberapa jenis dan hal-hal yang harus kamu ketahui soal investasi bisa kamu simak di ulasan kami berikut ini.

Gaul itu wajib, tapi…

Nongkrong di kafe bareng teman memang seru dan mengasyikkan. Tapi kalau keseringan, bukan tak mungkin dana kamu bakal kering hanya gara-gara gaul. Kamu harus bisa membatasi dana untuk kebutuhan semacam ini dan tak lupa harus dikelola secara disiplin. Bila dana sudah habis, kamu harus rela absen sementara dari ajang kongkow-kongkow. Kamu nggak bakal jadi public enemy kok kalau sesekali menolak ajakan untuk nongkrong.

Sehat itu mahal

Pernah nggak dengar ungkapan ‘jangan sakit karena sehat itu mahal’? Faktanya, biaya kesehatan memang cukup tinggi dan fitur BPJS Kesehatan pun juga tak jarang menemui kendala di lapangan. Itu sebabnya kamu perlu pikirkan untuk mulai membeli asuransi kesehatan sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu nggak mau kejadian kan, di usia 30-an harus menguras tabungan hasil jerih payahmu hanya untuk membiayai obat-obatan bila tiba-tiba kamu terserang penyakit yang cukup parah? Lagi pula semakin dini memulai program asuransi kesehatan, preminya pun semakin murah.

Traveling? Wajib dong!

Yang satu ini hukumnya wajib! Setuju nggak? Jiwa muda memang butuh wadah untuk mengekspresikan diri. Lagi pula traveling adalah salah satu cara untuk menempa diri agar kamu lebih mandiri dan kaya pengalaman. Namun alih-alih menempa diri, traveling juga bisa menguras danamu dengan cepat bila tak dikendalikan dengan baik. Hindari ritual berhutang demi traveling! 


Mungkin Penting Buat Kamu:

Tags

Related Articles

5 Comments

  1. Assalamualaikum…
    Yaps bener banget apalagi sebagai perempuan tentunya kita,wajib banget nih harus mampu bisa mengatur keuangan dengan sebaik baiknya. Manfaatkan waktu muda bukan hanya untuk bersenang senang, tapi menghasilkan uang. Oiyaa dari artikel diatas mau nambahin min, diusia 20han kaya aku, aku pake cara cara diatas . kadang hasil gaji pertama bener bener harus ditahan sebaik baik nya, dan di next gaji pun juga .

    Sebagai seorang perempuan belanja,jalan jalan, dinner sama temen bukan hal yang di ragukan lagi apalagi anak kuliahan kaya aku. Nah aku mau nambahin gada salahnya kita usaha sampingan.

    Karena kalo aku ngandalin gaji aja gak cukup buat nabung dan hobby aku. Jadi aku mencoba usaha kecil kecilan , dan alhamdulillah bisa banget buat jajan dan nabung dan juga nyenengin orang tua buat jajan jajan. Hehehe

    Lumayan banget kan tuh? Yuk jangan sia siakan waktu muda kalian ūüôā hidup makmur ketika umur 30tahun.

  2. Di Indonesia sendiri, Fintech Berkembang di berbagai sektor, mulai dari mulai pembayaran, peminjaman ( peminjaman ), perencanaan keuangan ( keuangan pribadi ), investasi ritel, pembiayaan ( crowdfunding ), remitansi, penelitian keuangan, dan lain-lain.

    # 1 CekAja
    Berdiri sejak 2013, CekAja merupakan sebuah portal keuangan yang memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi yang diperlukan dalam mengambil keputusan finansial.

    Dengan mengusung prinsip kesederhanaan, keuangan, dan akurasi, Fintech Indonesia yang satu ini menawarkan jasa pembebanan keuangan seperti contohnya investasi, asuransi, dan produk pinjaman (kredit).

    CekAja tidak bisa biaya alias gratis bagi konsumennya, misalnya saja konsultasi gratis melalui live chatatau call center .
    # 2 HaloMoney
    Serupa dengan CekAja, HaloMoney juga memungkinkan Anda untuk membandingkan beberapa produk keuangan seperti asuransi, produk pinjaman, dan lain-lain.

    Perusahaan HaloMoney merupakan sebuah bagian dari Bandingkan Asia Group, perusahaan yang menawarkan produk besar dan ternama yang sudah beroperasi di Hong Kong, Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, dan Filipina.
    # 3 Doku
    Menjadi perusahaan terbesar dan hebat perkembangannya dalamsolusi manajemen risiko dan solusi pembayaran elektronik di Indonesia, Doku tetap menjalankan tugasnya dengan rendah hati.

    Perusahaan ini senantiasa menyediakan layanan pembayaran elektronik dan aplikasi smartphonedengan bekerja sama denganplatform perdagangan onlineseperti Metropolitan, Land, AliExpress, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close