Investasi

Investasi Dolar Untuk Pemula, Perhatikan Hal Ini

Ada banyak ragam investasi yang bisa kamu pilih untuk mulai mengembangkan nilai uang di masa mendatang. Salah satunya adalah investasi mata uang asing khususnya investasi dolar yang populer dilakukan oleh para investor.

Apa pentingnya menyimpan dolar? Menurut kajian CNBC, setelah gonjang-ganjing perang dagang Amerika Serikat dengan China, transaksi valuta asing di Indonesia mencapai 9 miliar dolar per hari. Dalam tiga tahun ini ritual masyarakat Indonesia menyimpan dolar pun terus berkembang.

Coba kamu simak data dari Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia (SEKI) Bank Indonesia yang dilansir CNBC pada September 2018: Simpanan valas orang Indonesia tercatat sebesar Rp 236,2 triliun pada Juli 2018. Jumlah ini naik Rp 12,53 triliun dari tahun sebelumnya, Cukup positif kan potensi untuk  berinvestasi pada mata uang asing?

Pada dasarnya kalau kamu ingin investasi mata uang asing apa pun, kamu harus tahu dulu bedanya kurs jual dan kurs beli yang ada di pasaran. Jangan lupa untuk selalu melihat sisi jual beli ini dari sisi bank, bukan dari kamu sendiri. Kalau kamu ingin menukar uang rupiah kamu dengan uang dolar, maka yang harus kamu lihat adalah nilai kurs jual. Karena harga inilah yang akan digunakan bank untuk ditukar dengan rupiahmu.

setiapsen.com/foto: Shutterstock

Perhatikan cara kamu menyimpan uang karena ini akan berakibat pada kondisi uang yang kamu gunakan. Pastikan kondisi uang dalam keadaan baik, tidak sobek, ada lipatan atau kotor terkena noda. Uang dolar contohnya, bila disimpan terlalu lama kondisinya akan kurang baik dan bisa membuat nilainya jatuh atau malah ditolak saat kamu hendak menjualnya.

Tabungan mata uang asing juga memiliki bunga yang lebih rendah dari mata uang rupiah. Namun, investasi ini juga memiliki guna di masa depan. Contohnya, bisa menjadi tabungan cadangan saat rupiah mengalami krisis yang cukup serius. Tabungan ini juga bisa digunakan sebagai dana untuk bepergian, baik bisnis maupun plesir.

Ribet? Nggak juga. Berikut kami rangkumkan beberapa acuan untuk kamu yang ingin berinvestasi di mata uang asing khususnya dolar pertama kalinya.


Mungkin Penting Buat Kamu:


Waspada dolar palsu

Nah, nggak cuma alamat saja yang palsu, tapi mata uang juga bisa dipalsukan, terutama dolar yang transaksinya cukup tinggi di Indonesia. Bagaimana cara memastikan dolar yang kamu beli itu asli? Belilah di tempat-tempat resmi, seperti bank dan money changer. Meskipun money changer juga beresiko memiliki dolar palsu, namun pada money changer yang cukup besar dan punya banyak pelanggan, resiko ini jarang terjadi.

Amati nilai jual

Ini bisa menjadi satu pengalaman menarik sendiri. Kamu harus rajin mengamati nilai jual dolar dari satu bank ke bank lain atau antar money changer. Carilah yang nilai jualnya paling rendah untuk kamu beli dan nilai beli paling tinggi untuk kamu jual. Perlu kamu ingat bahwa kurs jual beli itu dilihat dari sisi bank. Jangan sampai keliru!

Tentukan target keuntungan

Kamu bisa menentukan lebih dulu berapa target keuntungan yang akan kamu capai. Kamu bisa membuat simulasi perhitungan keuntungan agar lebih mudah mengetahui kapan harus membeli dolar dan kapan harus melepasnya.

Beli dolar secara berkala

Lakukan pembelian mata uang dolar secara berkala, sekitar 12 bulan sekali. Ini berguna untuk mengamankan nilai dolar yang kita miliki. Dengan membeli secara berkala maka nilai dolar kita akan berbeda-beda dan bila terjadi resiko penurunan nilai mata uang dolar secara drastis, kerugian yang kita alami tidak terlalu besar.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close