Investasi

Jurus Jitu Kenali Investasi Bodong

Investasi bodong masih mengintai banyak orang. Dengan iming-iming income yang berlipat-lipat, investasi bodong masih tetap mengintai siapa pun yang ingin kaya dengan cara instan. 

Kurangnya informasi soal keuangan disinyalir jadi penyebab utama kenapa masih banyak orang tergiur dan tertipu jenis investasi fiktif ini. Dengan sedikit kemahiran bicara, para oknum penyedia produk investasi palsu ini bisa dengan mudah menjaring korban-korbannya dengan mengeruk uang mereka.

Apa sih sebetulnya yang dimaksud dengan investasi bodong? Investasi jenis ini biasanya menawarkan program investasi dengan keuntungan melimpah yang kadang justru terdengar tak masuk akal. Program yang ditawarkan pun beragam, ada yang online dan offline. Produknya pun banyak pilihan. Mulai dari agrobisnis, multi level marketing hingga crypto currency yang kini sedang populer.


Mungkin Penting Buat Kamu:


Investasi bodong sebetulnya mudah dikenali bila kamu memperhatikan lebih jauh ketidakwajaran yang ditawarkan. 

Berangkat dari prinsip dasar investasi, yaitu high risk, high return, ada baiknya mulai berhati-hati bila ada yang menawarkan investasi dengan untung besar namun dengan minim resiko. Iming-iming juga bisa datang dari tawaran balik modal dan untung dalam waktu sangat singkat.

setiapsen.com/foto: Shutterstock

Agar tak menimbulkan kecurigaan, biasanya di awal investasi keuntungan memang rutin didapat, namun selanjutnya perusahaan akan mulai menunda keuntungan tersebut dengan berbagai alasan sebelum akhirnya menghilang tanpa jejak.

Investasi bodong juga biasanya akan menyuruh nasabahnya untuk mencari investor baru dengan iming-iming sejumlah uang. Jadi wajar saja bila kejahatan finansial ini semakin lama semakin meluas.

Yang cukup mentereng dari investasi ini adalah nama perusahaan yang tidak jelas dan sistem pengelolaan sumber dana yang meragukan. Coba saja cek rekam jejak perusahaan yang menawarkan jenis investasi ini. Biasanya tidak mudah ditemui dan nyaris tidak ada informasi yang valid. Dan yang pasti tidak terdaftar di OJK.

Bila kamu perhatikan lebih jauh lagi, pengelolaan dana pun mencurigakan. Biasanya investasi ini menganut sistem skema ponzi atau money game. Sistem ini memberikan keuntungan pada nasabahnya dari uang yang berasal dari investor baru. Artinya uang yang ada hanya berputar antar nasabahnya saja. 

Namun kamu tak perlu khawatir bila menemukan indikasi seperti ini. Kamu bisa melaporkan langsung pada layanan konsumen OJK dengan email [email protected] atau [email protected] 


Mungkin Kamu Penting Buat Kamu:

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close