Investasi

Mau Investasi Emas? Kenali Dulu Jenisnya

Salah satu investasi  yang menjadi favorit banyak orang adalah emas. Dari survei yang dilakukan Inside ID yang dirilis oleh Marketeers menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia sudah mulai teredukasi untuk berinvestasi dan keinginan masyarakat untuk investasi meningkat sebesar 0,18 persen dari tahun sebelumnya.

Untuk pemilihan jenis investasinya, Inside ID memaparkan bahwa emas menjadi mayoritas pilihan dari masyarakat diikuti dengan deposito (37 persen), properti (30 persen), reksadana (22 persen) dan saham (17 persen).

Saat ini ditengah kondisi rupiah yang melemah terhadap dolar, investasi emas dianggap paling aman. Kajian CNN Indonesia menegaskan bahwa kenaikan harga emas banyak didorong oleh melemahnya dolar AS. Kenaikanan harga emas biasanya memang kebalikan dari nilai dolar AS. Kalau dolar menguat, harga emas akan turun dan begitu juga sebaliknya. Di tengah kondisi yang tak menentu ini, investasi emas memang masih dianggap yang teraman, namun investor direkomendasikan untuk melakukan investasi dalam jangka pendek atau menengah.

Sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi emas, ada baiknya kamu mulai berkenalan dulu dengan jenis-jenis investasi emas di Indonesia yang populer berikut ini agar tak salah pilih nantinya:


Mungkin Penting Buat Kamu:


Emas batangan

Jenis investasi yang paling banyak diminati ini cukup mudah untuk diikuti. Pasalnya investasi ini menawarkan proses yang mudah untuk diikuti seperti beli dan jual yang sederhana. Jenis emas batangan yang paling populer dan lazim digunakan adalah emas batangan dari Antam. Perlu diingat bahwa investasi emas batangan ini sifatnya adalah untuk jangka panjang. Jadi pastikan kamu menyimpan dengan baik surat sertifikasinya agar mudah digunakan kalau nantinya kamu hendak menjual emas milikmu.

Emas batangan memiliki kadar 24 karat yang dianggap sebagai kadar yang paling baik. Harga emas batangan diatur oleh pemerintah melalui PT Aneka Tambang (Antam) dan berlaku secara nasional. Emas batangan juga tersedia dalam beberapa pilihan berat, mulai dari 1 gram hingga 1 kilogram.

Logam mulia, emas batangan/setiapsen/Foto: Shutterstock
Foto: Shutterstock

Koin emas

Investasi ini memang tak sepopuler emas batangan. Koin emas yang bisa dipilih untuk invesasi ini contohnya adalah koin emas kuno dan koin emas mata uang yang dikoleksi. Dibandingkan emas batangan, sebetulnya koin emas lebih kuat karena memiliki kadar 22 karat. Akibatnya koin emas tidak mudah rusak dan tidak terlalu beresiko harganya jatuh karena rusak.

Emas perhiasan

Emas perhiasan memang selalu menarik minat. Karena selain bisa digunakan sebagai investasi, juga bisa digunakan sebagai aksesoris perhiasan yang menarik. Tapi kamu perlu tahu kalau harga beli emas perhiasan juga cenderung lebih mahal karena emas jenis ini harganya juga termasuk biaya produksi. Semakin rumit dan unik bentuk perhiasannya, biaya produksinya pun kian mahal.

Kekurangan yang perlu kamu perhatikan adalah bahwa emas perhiasan biasanya memiliki harga jual yang lebih rendah dari waktu kamu membelinya. Resiko mendapatka emas palsu juga bisa saja terjadi mengingat emas jenis ini dijual bebas di toko-toko perhiasan. Tapi kalau kamu memang ingin berinvestasi di emas perhiasan, keuntungannya adalah kamu bisa bebas menjualnya tanpa harus menyertai surat sertifikasi.

Reksadana emas

Buat kamu yang ingin investasi dan mendapatkan profit dari investasi emas tapi enggan memiliki fisik emasnya, mungkin reksadana emas bisa jadi pilihan. Profit yang kamu dapatkan dari investasi ini adalah dari transaksi saham perusahaan tambang emas atau perdagangan emas secara fisik.

Emas kuno

Kebanyakan emas kuno ini berbentuk koin dan punya nilai historis yang tinggi. Itu sebabnya harga emas kuno memiliki harga sangat tinggi meski harganya sebetulnya susah dipatok. Layaknya barang antik, harga emas kuno akan semakin tinggi kalau usianya semakin tua dan nilai historisnya semakin tinggi. Biasanya investasi ini dilakoni oleh para kolektor barang antik yang memiliki modal besar.

Investasi emas memang banyak ragamnya dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kamu. Dan kalau kamu ingin mengenal lebih jauh soal investasi emas, baca juga ulasan editorial kami di sini.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close