Investasi

Mengenal Investasi Emas yang Tak Kenal Inflasi

Selain sebagai perhiasan, emas juga merupakan instrumen investasi yang cukup menjanjikan. Emas batangan atau dikenal sebagai logam mulia ini punya nilai lindung yang cukup kuat. Saat inflasi naik, harga emas juga terkerek.

Yang pasti, emas punya likuiditas lebih tinggi ketimbang properti. Ketika ada keperluan mendesak, emas bisa dijual seketika itu juga. Beda dengan jual properti yang butuh waktu beberapa bulan agar aset itu bisa laku. Beda cerita kalau aset itu digadaikan, ya.

Dalam hitungan menit, emas mudah dicairkan menjadi uang tunai. Lapak untuk mencairkan emas pun cukup banyak. Emas juga punya harga yang terukur alias sudah ada acuannya. Jadi, Anda akan bisa mengukur berapa rupiah yang bisa didapat dari menjual emas itu.

Ilustrasi nilai rupiah, investasi, emas/setiapsen/Foto: Shutterstock
Foto: Shutterstock
Tipe investor emas

Biasanya, tujuan investasi emas ini memang untuk mengganjal kebutuhan mendesak seperti biaya pengobatan, biaya sekolah, ataupun kebutuhan tak terduga lainnya.

Akan tetapi tidak sedikit pula yang memanfaatkan emas untuk mencari keuntungan dengan mengambil margin pada fluktuasi harga jual-beli emas. Mereka akan membeli emas saat harga turun, dan menjual saat harga naik. Biasanya, investasi tipikal jenis ini berlaku untuk jangka panjang. Minimal lima tahun, baru akan terasa besaran selisih harganya.

Gaya tabungan

Ada juga yang investasi emas dengan gaya tabungan. Artinya, investor akan menabung emas setiap bulan dalam jumlah tertentu. Misalnya per 1 gram per bulan. Dengan konsep ini, investor tidak kenal inflasi. Dan bisa menjadi jalan untuk mewujudkan tujuan keuangan. Misalnya untuk beli mobil, biaya pendidikan, perjalanan ibadah, ataupun sekadar melancong.

Tak sekadar mengeram emas atau menabung emas, gaya investasi emas juga bisa melalui usaha. Artinya, emas yang dimiliki akan digadaikan. Uang hasil gadai itulah yang dimanfaatkan untuk modal usaha. Bila usaha Anda lancar dan berhasil, Anda bisa mempertahan dan melipatgandakan jumlah emas Anda. Tapi bila usaha yang Anda bangun itu gagal, ya risikonya emas yang digadaikan itu akan hilang karena gagal tebus.

Trading

Masih ada satu lagi jenis investasi menggunakan emas yaitu melalui forex trading. Emas yang Anda miliki akan digadaikan dan dijadikan modal untuk trading. Hanya saja, sistem investasi semacam ini memiliki risiko tinggi. Bila belum ahli di sistem ini, sebaiknya dihindari. Lebih baik memilih strategi investasi emas yang lebih aman meskipun tradisional.

Patokan harga

 

Foto: Logammulia.com

Anda tertarik untuk investisi emas? Saat ini sudah banyak jalur untuk bisa membeli emas. Oya, emas untuk investasi biasanya yang berbentuk bar atau batangan, ya. Emas yang berbentuk investasi yang ada di pasaran ada berbagai ukuran. Mulai ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, 500 gram, sampai 1000 gram.

Untuk memantau tren harga emas, publik Indonesia cukup akrab dengan harga yang dikelularkan oleh PT Aneka Tambang di sini. Melalui situs tersebut Anda akan mendapatkan informasi mengenai harga emas setiap harinya dari masing-masing gerai Antam yang tersebar di beberapa titik di Indonesia. Harga emas antara satu kota dengan kota lainnya berbeda, lho.

Harga yang dipatok Antam sudah termasuk PPh 22 yakni 0,9%. Bila Anda menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) kala membeli emas, Anda akan mendapatkan potongan pajak yang lebih rendah yaitu 0,45%.

Nah, bila sudah sreg untuk investasi emas, sebaiknya mulai dari sekarang. Tak perlu menunggu harganya turun. Sebab, bisa jadi harga justru akan naik hingga akhirnya malah tak terbeli. Yakinlah, berinvestasi emas tak akan pernah ada ruginya. Paling tidak, ada konsep lindung nilai yang aman untuk aset Anda.

Tags

Related Articles

10 Comments

  1. Emas batangan lebih bernilai kayaknya daripada perhiasan. Kalau beli perhiasan harus ngeluarin duit lebih untuk bayar pembuatan perhiasannya. dan harganya cenderung turun dari harga beli saat mau dijual. Kalau emas batangan harganya ga akan turun.

    IG; @el_fietry

  2. emas termasuk jenis investasi yang cukup aman ya memang karena harganya yang hampir tidak turun walaupun kadang ada penurunan cenderung hanya sedikit sekali kemungkinannya bahkan harganya bisa naik kembali. Emas resmi juga gampang untuk dijual kembali gak ribet dan sekarangpun beli emaspun sangat gampang. bahkan dibeberapa web ecommerce pun sudah ada yang menjualnya bahkan ada juga web ecommerce yang membuka investasi emas. Seperti di pegadaian resmipun sekarang sudah ada tabungan emas yang belinya gak harus mahal atau sekali banyak tapi bisa sedikit-demi sedikit yang jika nanti terkumpul banyak beberapa gram emas bisa kita ambil ataupun langsung dijual dicairkan dalam bentuk uang. IG : @nurcoolice_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close