Investasi

Penting! Ini 5 Hal yang Perlu Millennial Ketahui Soal Investasi

Sudah mulai berpikir soal investasi? Bila belum dan kamu masih berada di usia millennial, sebaiknya mulailah pertimbangkan kesempatan untuk berinvestasi. 

Saat ini kegiatan berinvestasi memang belum menjadi tren di kalangan millennial. Saat menerima THR pun cenderung dihabiskan untuk hal konsumtif. Sementara uang yang diterima dari pekerjaan masih dominan disimpan di bank. Padahal ada banyak jenis investasi yang tersedia, seperti reksadana, deposito, saham dan emas.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan untuk investasi? Jenis investasi apa yang paling cocok dan menguntungkan? Apa saja resikonya? Kami juga mengulasnya di sini.

Buat kamu yang ingin memulai berinvestasi tapi masih ragu, hal-hal berikut wajib kamu ketahui:

Perlu dana besar? Nggak juga

Ada anggapan bahwa investasi selalu butuh modal besar sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang mampu bermain di ranah ini. ‘Gaji kecil, bagaimana mungkin bisa berinvestasi?’ Setidaknya itulah anggapan yang selalu muncul. Faktanya, justru karena gaji kecil itulah maka investasi dibutuhkan.

Ada banyak jenis investasi yang tak butuh duit banyak. Reksa Dana Pasar Uang adalah salah satunya. Cukup dengan Rp 100.000 saja kamu sudah bisa bergabung dengan investasi ini. Hal lain yang berkaitan soal dana adalah pastikan kamu tidak sedang terlibat dalam pembayaran cicilan hutang yang cukup besar agar bisa menjalani investasi dengan tenang.


Mungkin Penting Buat Kamu:


Tahu tujuan berinvestasi

Setiap orang pasti punya banyak keperluan berbeda untuk keuangannya. Ada yang butuh dana untuk pendidikan, menikah, traveling atau bahkan untuk tabungan hari tua. Sederhananya, investasi bisa dibagi dalam tiga rentang waktu, yaitu jangka pendek, menengah dan panjang.

Untuk jangka pendek, kamu harus memiliki emergency fund atau simpanan dana darurat. Kisarannya adalah tiga kali dari pengeluaran bulanan kamu. Jadi kalau pengeluaran bulanan kamu lima juta, kamu butuh emergency fund sebesar Rp 15 juta. Untuk investasi ini bisa kamu gunakan deposito jangka pendek atau Reksa Dana Pasar Uang.

Ketahui Resiko

Jangan terpengaruh dengan adegan-adegan film yang menggambarkan orang-orang stress tingkat tinggi di lantai bursa karena kehilangan uang seketika. Banyak pilihan investasi yang bisa kamu sesuaikan dengan karakter dan kemampuan kamu. Justru bila kamu mendiamkan uangmu, saat itulah nilai uangmu akan tergerus oleh inflasi tanpa kamu sadari.

setiapsen.com/foto: Shutterstock

Namun, kamu juga perlu tahu bahwa setiap investasi pasti punya resiko. Kalau kamu punya deposito, dalam jumlah tertentu memang masih dijamin pemerintah, namun banyak yang tak menyadari bahwa investasi ini rentan terhadap inflasi. Reksa Dana pun menyimpan resiko. Meski potensi keuntungannya besar, namun sangat terpengaruh dari kebijakan pemerintah dan kondisi perekonomian dunia.

Investasi cukup dari jempol

Masih mengira kalau investasi itu prosesnya ribet? Saat ini aplikasi investasi untuk smartphone sudah banyak tersedia. Prosesnya pun mudah tanpa berbelit-belit. Seperti IDX Mobile by Solarnet yang menyediakan layanan informasi real-time pergerakan saham. Jadi kamu bisa memantau semua pergerakan nilai investasi kamu hanya dari gawai.

Investasi adalah gaya hidup

Semakin dini kamu melakukan investasi, semakin nyaman hasil yang akan kamu petik nanti. Menuruti saran dari Edward Lubis, Presiden Direktur Bahana TCW Investment Management, bahwa investasi perlu menjadi gaya hidup anak zaman now agar tetap bisa bergaya tanpa kesulitan finansial. 


Mungkin Penting Buat Kamu:

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close