Save

Penting! Ini Cara Efektif Menghitung Kebutuhan Dana Pensiun

Pensiun mungkin measih lama. Tapi bukan berarti tidak perlu disiapkan dari sekarang. Malah kalau kamu ingin mengambil langkah pensiun dini, beberapa hal penting sudah harus kamu lakukan dari sekarang. Misalnya seperti menghitung kebutuhan dana untuk pensiun nanti.

Masih lama? Betul! Pensiun kamu mungkin masih lama, tapi kamu juga nggak ingin kan kalau pensiun nanti jadi banyak bergantung sama anak atau orang lain? Nah daripada pensiun tanpa rencana yang jelas, lebih baik dari sekarang sudah mempersiapkan perkiraan dananya.

Salah satu manfaat kalau kamu sudah mengetahui perkiraan kebutuhan dana pensiun dari sekarang adalah bisa membandingkan dengan tabungan dan dana investasi saat ini, apakah sudah cukup, masih kurang banyak atau berlebihan.


Penting Buat Kamu:


Bila kamu bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) tentu saja dana pensiun sudah ditanggung pemerintah. Namun berapa yang kamu butuhkan bila kamu adalah seorang pegawai kantor swasta?

Pertama-tama, kamu bisa menghitung berapa biaya yang harus kamu keluarkan secara rutin dalam sebulan. Asumsikan bahwa saat pensiun nanti kebutuhan kamu juga mungkin akan berkurang, seperti nongkrong di kafe atau traveling yang lebih jarang. Pastikan cicilan utang sudah lunas semua dan kamu hanya akan mengeluarkan biaya-biaya rutin harian seperti perawatan rumah, transportasi, makan, kesehatan dan perawatan kendaraan.

Uang tunai, rupiah, menabung, mengelola uang/setiapsen.com/shutterstock
Foto: Shutterstock

Pastikan juga kamu sudah tidak punya utang lagi saat pensiun nanti jadi tidak perlu bingung harus dengan apa untuk membayar cicilan. Namun biasanya lembaga keuangan pemberi utang juga sudah memperhitungkan usia kamu saat memberikan pinjaman.

Nah bila sudah tahu jumlah kebutuhan yang diperlukan, hitung berapa tahun lagi kamu akan pensiun. Jumlah kebutuhan tersebut tinggal dikalikan saja dengan jumlah tahun menuju masa pensiun kamu. Pastikan kamu memiliki dana yang cukup besar saat masa pensiun nanti dengan memulai tabungan untuk pensiun sedini mungkin.

Namun jangan lupa untuk turut memperhitungkan kisaran inflasi saat usia pensiun nanti. Contoh saja kalau hitung-hitunganmu menghasilkan angka 500 juta untuk dana yang kamu miliki saat pensiun nanti, kamu juga harus mempertimbangkan apakah nilai 500 juta nanti akan sama dengan sekarang? Jawabannya tentu saja tidak.

Penting Buat Kamu:

Konsep penghitungan ini disebut juga dengan future value atau nilai mata uang di masa depan. 30 tahun lagi saat kamu pensiun apakah kamu bisa membeli barang-barang yang sama dengan sekarang menggunakan uang 1 juta? Tentu saja tidak. Sama saja dengan dulu dengan uang Rp 5.000 saja sudah bisa belanja macam-macam di pasar, tapi sekarang Rp 5.000 mungkin hanya bisa untuk bayar parkir kendaraan untuk satu jam pertama. Maka dari itu jangan lupa untuk turut memasukkan nilai inflasi yang rata-rata sebesar empat hingga enam persen per tahunnya.

Kalau sudah tahu kira-kira berapa kebutuhan dana pensiun di masa mendatang, tentunya ini akan memudahkan kamu untuk mulai mencicil kebutuhan dana pensiun,. Caranya? Tentunya dengan berinvestasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kamu. Semakin cepat kamu menyiapkan investasi, semakin kecil pula dana yang harus kamu cicil untuk tabungan pensiun.

Bermacam jenis investasi dan hal-hal informatif lainnya yang perlu kamu tahu bisa kamu baca di ulasan kami lainnya di link ini.

 

 

 

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close