People

Penting! Nasehat Keuangan Warren Buffett Untuk Anak Muda

Warren Edward Buffet lahir pada 30 Agustus 1930 di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Salah satu orang paling kaya di dunia ini populer sebagai investor andal dan pengusaha sukses di Amerika Serikat. Di 2018 bahkan nama Warren Buffett masih tercatat masih lebih unggul disbanding nama-nama pesohor dan miliarder lainnya, seperti Mark Zuckerberg, dan Jack Ma. Forbes pernah menaksir kekayaan Buffett yang mencapai USD 89,2 miliar dolar atau setara Rp 1.287 triliun. Majalah TIME pada 2012 pernah memasukannya dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia.

Nama besar Buffett tidak langsung terjadi begitu saja. Masa kecilnya, seperti anak-anak lainnya di Amerika Serikat, ia melakukan apa saja untuk mendapat uang, seperti menjadi loper koran, menuual permen karet, menjual majalah dari pintu ke pintu dan bekerja di toko kelontong.


Mungkin Penting Buat Kamu:


Buffett mengenal jagad pialang saham pada usia sangat muda, yaitu 10 tahun dengan mengunjungi kantor bursa saham. Bakatnya dalam investasi saham langsung terlihat satu tahun kemudian. Pada usia 11 tahun ia sudah memiliki tiga lembar saham dan pada usia 15 tahun ia sudah mendapatkan penghasilan USD 175 per bulan hanya dari transaksi saham.

Nama Warren Buffett kini dijadikan acuan dunia investasi dan finansial.

Nah kalau kamu termasuk masih susah mengelola keuangan dengan baik, saran-saran dari Warren Buffett berikut ini bisa kamu terapkan dalam mengatur anggaranmu:

Hindari utang

Percaya atau nggak, Warren Buffet adalah orang yang sangat menghindari utang. Bahkan menurutnya di dunia ini sebetulnya kamu nggak perlu berutang, terlebih menggunakan kartu kredit. Karena bunga yang ada di dalam kartu kredit sangat beresiko memicu kebangkrutan dalam anggaran.

setiapsen.com/foto: Shutterstock

Rajin beramal

Jangan heran kalau sosok sukses seperti Warren Buffett ini paling doyan mengajak miliarder lain untuk beramal. Bill Gates, salah satu sahabatnya adalah orang yang diajaknya untuk mendirikan The Giving Pledge, sebuah institusi yang mengajak para miliarder dunia untuk beramal pada orang-orang yang membutuhkan. Menurut Forbes Buffet sejauh ini sudah meyumbangkan duitnya sebesar USD 35 milyar dan berjanji akan menyumbangkan 99 persen kekayaannya.

Uang untuk jangka panjang

Inilah bukti kalau perencanaan keuangan untuk jangka panjang itu memang penting. Saat ini anak muda sangat rentan terhadap godaaan gaya hidup. Bila perlu, traveling sesering mungin walau harus kuras anggaran hingga kering. Kapan lagi bisa senang-senang kalau bukan sekarang. Padahal kamu harus setidaknya memandang perencanaan keuangan hingga 10 hingga 20 tahun ke depan.

Gemar menabung

Banyak yang salah kaprah soal menabung karena dianggap tak penting dan minim guna. Padahal anggaran yang morat-marit dan kebangkrutan yang parah pemicu terbesarnya adalah karena menyepelekan menabung.

Belanja seminim mungkin

Kedengarannya memang sangat menyeramkan dan mustahil. Namun inti dari nasehat ini sebetulnya adalah lebih mengidentifikasi kebutuhan kamu. Apakah memang yang kamu beli itu sesuai kebutuhan atau sekadar keinginan saja? Mengidentifikasi kebutuhan juga memungkinkan kamu bisa tahu apa saja yang harus kamu pangkas dari anggaran belanja. Meski terdengan kejam, namun hal ini ampuh untuk menambah dana investasi yang nantinya bakal berguna.

Investasi sekarang juga

Masih malas berinvestasi? Sebagian besar kekayaan Warren Buffet justru didapatnya dari rajin berinvestasi. Saham Coca Cola adalah salah satu investasi kesayangannya. Nah kamu juga bisa mulai berinvestasi seperti Warren Buffet dengan membaca ulasan-ulasan kami tentang berbagai investasi di sini

Gemar membaca

Agar mahir berinvestasi, membaca adalah salah satu syarat yang mutlak dimiliki investor. Ruang kerja Warren Buffett konon ditata dengan sederhana dan hanya berisi televisi untuk memantau berita keuangan, beberapa laporan keuangan perusahaan dan koran. Dalam sehari, di ruang kerjanya ia mampu membaca empat hingga enam jam.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close