Save

Rahasia Dapat Tiket Pesawat Murah. Sudah Pernah Coba?

Siapa yang pernah rela begadang sampai lewat tengah malam hanya demi mendapatkan tiket super murah dari promo suatu maskapai? Tiket murah memang selalu menjadi rebutan. Dari penjualan online yang menyebabkan server tak bisa diakses karena terlalu sibuk, hingga pejualan offline di ajang pameran perjalanan yang antreannya selalu mengular.

Di balik maraknya transaksi tiket murah yang tak pernah sepi, mitos dan fakta pun beredar dan berbaur. Ada yang bilang bahwa tiket murah akan dijumpai di saat-saat terakhir jadwal penerbangan. Ada pula yang meyakini semakin jauh waktu pembelian tiket dari jadwal keberangkatan berarti semakin murah tiketnya. Benarkah?

Beberapa fakta berikut mungkin bisa kamu jadikan acuan untuk mencari tiket pesawat dengan harga terjangkau:

setiapsen.com/foto: Shutterstock

Waktu terbaik beli tiket adalah…

Sebuah informasi yang dirilis cheapair.com menyatakan bahwa waktu terbaik beli tiket pesawat adalah 42 hingga 50 hari sebelum jadwal keberangkatan. Lebih dari rentang waktu tersebut dikhawatirkan akan melewatkan promo yang mungkin akan diadakan sesudahnya. Namun beli tiket terlalu mepet dengan jadwal berangkat juga beresiko terkena kenaikan harga.

Situs Expedia pernah bekerja sama dengan Airlines Reporting Corporation (ARC) membuat penelitian tren perjalanan transportasi udara. Hasilnya cukup menarik. Salah satu laporannya menyebutkan akhir pekan adalah waktu sempurna untuk berburu tiket murah. Di hari Minggu bahkan turis Indonesia yang membeli tiket ke negara Asia lainnya bisa mendapatkan harga 38 persen lebih murah., menurut laporan tersebut.


Mungkin Penting Buat Kamu:


Pantang beli tiket di minggu yang sama dengan jadwal pergi

Percaya atau tidak, di masa ini harga tiket akan memasuki kondisi puncak, di mana harga akan melambung tinggi, bahkan mencapai harga tertingginya. Jadi kalau kamu terlambat beli tiket atau mendadak ingin traveling, selain harus siap mental menghadapi harga yang selangit, kamu juga harus siap merogoh kocek lebih dalam untuk beli tiketnya saja.

Hari Rabu, tiket banyak diburu

Laporan lain dari Expedia menyebutkan kebanyakan maskapai akan meluncurkan harga promo pada Senin sore. Menurut penelitian dari situs reservasi perjalanan ini, pada hari Selasa maskapai lainnya akan turut berlomba-lomba memasang harga termurah dan akan mencapai puncaknya pada hari Rabu. Di Amerika Serikat, studi dari Expedia menyatakan bahwa harga bisa turun hingga 28 persen.

setiapsen.com/foto: Shutterstock

Subscribe email

Cara paling mudah untuk mengetahui informasi promo tiket adalah dengan melakukan subscribe pada situs maskapai atau situs penjualan tiket. Dengan begitu kamu nggak akan ketinggalan informasi bila ada promosi tiket murah

Harga tiket paling mahal: Minggu

Percaya atau tidak, harga tiket pesawat akan mencapai puncaknya pada Minggu dan Jumat, dikarenakan volume penumpang yang akan pergi berakhir pekan dan pulang dari liburan. Jadi bila memungkinkan, hindari hari-hari tersebut.


Mungkin Penting Buat Kamu:

Tags

Related Articles

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close