Save

Tetap Eksis Traveling Meski Dollar Tak Ramah, Ini Kiatnya

Sedih nggak sih sudah bikin rencana traveling ke luar negeri sejak lama, ternyata biaya jadi melambung gara-gara dollar tak ramah lagi terhadap rupiah. Tak bisa dipungkiri kalau perang dagang Amerika Serikat dengan Tiongkok berbuah imbas guncangan ekonomi di banyak negara, termasuk Indonesia.

Tentu saja liburan bisa dialihkan ke negeri sendiri, tapi apa daya bila sudah terlanjur beli tiket sejak jauh hari sebelumnya atau memang keinginan untuk plesiran ke luar negeri tak terbendung lagi? Jangan putus asa dulu. Kiat-kiat berikut bisa kamu gunakan untuk tetap nyaman saat traveling ke luar negeri:

setiapsen.com/foto: Shutterstock

Maksimalkan promo kartu kredit

Setiap bank yang mengeluarkan kartu kredit biasanya memiliki program promosi khusus untuk beberapa transaksi di tempat-tempat yang juga punya cabang di luar negeri. Coba kamu cek dulu informasi lengkap program promosi kartu kreditmu. 

setiapsen.com/foto: Shutterstock

Traveling secara mandiri

Kalau kamu terbiasa dengan liburan bersama rombongan wisata, ini saatnya kamu memberanikan diri untuk jadi pejalan mandiri. Artinya, kamu melakukan perjalanan tanpa bantuan operator paket wisata. Pasalnya, kebanyakan para operator paket wisata mematok harga mereka berdasarkan dollar (USD). Nggak susah kok mengatur perjalanan secara mandiri. Kamu bahkan akanbisa lebih menikmati perjalanan sesuai keinginan tanpa terganggu jadwal padat. 

Menikmati liburan atas hasil keuntungan investasi/setiapsen.com
Menikmati liburan. (Setiapsen.com/Foto: Shutterstock)

Alihkan ke negara non-dollar

Bila memungkinkan, mengalihkan perjalanan ke negara-negara yang tidak menggunakan dollar juga bisa menjadi opsi. Malaysia, Vietnam, Kamboja juga bisa menjadi opsi mengingat atraksi wisatanya juga tak kalah seru. Sebagai contoh, kamu bisa memilih Vietnam yang nilai mata uangnya lebih rendah dari Rupiah. Nah, kamu bisa puas wisata kulineran sama belanja oleh-oleh deh!

setiapsen.com/foto: Shutterstock

Beli tiket pergi pulang

Ada beberapa traveler yang terbiasa dengan membeli tiket one-way  atau satu kali jalan. Saat kondisi dollar sedang tak ramah sebaiknya kamu membeli return ticket alias pergi pulang karena selain cenderung lebih murah, ini juga mengurangi resiko harga tiket melambung di kemudian hari. Jangan lupa untuk sekaligus membeli dollar sebagai bekal transaski tunai di perjalanan. Ada baiknya memecah dollar dalam satuan yang lebih kecil untuk mempermudah pengeluaran.

setiapsen.com/foto: Shutterstock

Atur pengeluaran tak perlu

Sebelum traveling, pastikan kamu mengatur pengeluaran pribadi. Kurangi dulu nongkrong di kafe atau rutinitas hangout bareng teman-teman selepas jam kantor. Sisihkan pengeluaran untuk tabungan saat traveling nanti. 

Saat kamu traveling pun juga harus menjaga pengeluaran. Manfaatkan atraksi wisata yang bisa dinikmati gratis tapi juga instagenik. Jadi kamu bisa menang banyak nih. Dapat foto bagus dan nggak harus bayar untuk bisa foto di situ.


Mungkin Penting Buat Kamu:

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close