Save

Wajib Dipraktikkan! 6 Cara Mudah Kaya Raya di Usia Muda

Telah banyak anak muda Indonesia menjadi kaya raya di usia 30-an. Para pendiri perusahaan teknologi adalah contoh nyata. Nadiem Makarim pendiri Go-Jek, Achmad Zaky pendiri Bukalapak, atau William Tanuwijaya pendiri Tokopedia. Mereka adalah beberapa contohnya.

Lantas bagaimana dengan kita yang telanjur menjadi karyawan? Bisakah kita menjadi miliarder di usia muda? Kebanyakan orang sangsi bahwa dirinya bisa mendapatkan banyak uang sebelum masa pensiun.

Penasihat keuangan sekaligus CEO dari Wela, Matt Reiner berani memastikan siapapun bisa menjadi miliarder dengan cepat. Bahkan di awal usia 30-an.

“Kombinasi antara ambisi dan kecerdasan mengatur keuangan adalah beberapa alat untuk menjadi miliarder sebelum usia pensiun,” tulis Reiner di laman Thebalance.com.

Jalan menuju kemakmuran, kata dia, dibangun dengan strategi bisnis yang baik dan pilihan finansial yang bertanggung jawab. Nah, dengan menjalankan enam tips ini setiap hari, kamu bisa mencapai tujuanmu lebih cepat.

Menghasilkan kekayaan. (Setiapsen.com/Foto:Shutterstock)
Menghasilkan kekayaan. (Setiapsen.com/Foto:Shutterstock)

Cari Penghasilan Tambahan

Rasanya, menghasilkan uang tambahan lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Tapi yakinlah, kalau kita berusaha pasti akan menemukan jalannya. Dan jalan ini akan memberikan jalan kita meraih kekayaan secara cepat. Percaya atau tidak, para miliuner pasti punya minimal tiga sumber pendapatan.

Barangkali kita bisa mulai bisnis sampingan dari yang mudah dulu. Yang penting kerjakan bisnis yang sesuai minat kamu. Misalnya menjadi reseller atau menjual produk bikinan sendiri di toko online.

Kamu juga bisa menjadi pekerja lepas di beberapa proyek. Ada banyak sekali marketplace yang menawarkan proyek sampingan ini.

Tetap Fokus pada Tujuan

Ketika punya uang lebih seringkali kita tergoda untuk berbelanja. Entah itu baju, nongkrong di kafe, atau bahkan beli gadget baru. Memang menyenangkan sih bila bisa memiliki itu. Tapi itu semua bisa mengempaskan tabunganmu di masa depan.

Jangan biarkan semua kerja kerasmu lenyap hanya untuk hal-hal yang tidak perlu. Perlu diingat, harga diri seseorang dilihat dari etos kerja yang dia lakukan. Bukan dari barang mewah yang kita beli.

Tabungan Investasi

Pertimbangkan untuk meningkatkan tabungan kamu dengan berinvestasi. Sebaiknya pilih investasi yang tidak mudah dicairkan (non-likuid). Kamu bisa memilih emas batangan. Instrumen ini layak dipilih karena emas tahan inflasi.

Logam mulia, emas batangan/setiapsen/Foto: Shutterstock
Foto: Shutterstock

Jika kamu berhasil menyisihkan sebagian uangmu setiap bulan, kamu mungkin tidak akan berpikir dua kali untuk menyentuhnya. Dan, kamu akan belajar untuk hidup tanpanya.

Terus belajar

Perluas wawasan dan pikiran dengan menyerap sebanyak-banyaknya infomasi. Belajar adalah investasi paling aman untuk masa depan kamu. Bukan untuk menjadi yang terpintar. Tetapi untuk menjadi pribadi yang lebih siap.

Banyak cara untuk belajar. Bisa melalui buku, blog, podcast, youtube, atau apapun yang bisa membantu untuk mencapai tujuanmu. Belajar dari pengalaman orang juga sama baiknya.

Memiliki wawasan luas membuat kamu bisa masuk ke komunitas mana saja. Dengan begitu, kamu akan mudah membangun jaringan. Menemukan peluang-peluang baru untuk mencapai tujuan keuangan kamu.

Bermimpilah setinggi langit, itu gratis!

Orang-orang sukses selalu memiliki keinginan yang tinggi dan yakin bisa mencapainya. Daripada membayangkan dapat uang Rp10 juta, kenapa tidak sekalian Rp1 miliar? Toh sama-sama berangan-angan.

Orang sukses selalu bercita-cita bisa mendapatkan yang lebih besar. Sebab, dengan target yang besar, secara tidak sadar mental kita terbentuk untuk terus memburunya. Karena kita akan memprioritaskan hal itu dalam kehidupan. Dan itu merangsang pikiran positif yang akan menuntun kita mencapai gelar miliarder.

Iilustrasi. (Setiapsen.com/Foto: Shutterstock)
Ilustrasi. (Setiapsen.com/Foto: Shutterstock)

Pastikan kamu berada di sekitar orang yang mendukungmu

Jika orang-orang di sekitar meragukan impianmu, hmm…. Kamu tidak akan mencapai kesuksesan kalau terus mengurusi cibiran mereka. Segeralah tinggalkan mereka, tetapi kamu harus tetap rendah hati.

Kelilingi dirimu dengan para pekerja keras yang memiliki visi serupa. Kita menjadi seperti orang-orang di sekitar kita, jadi jauhi orang-orang yang ragu dan tidak percaya.

Yang perlu kamu lakukan adalah membuktikan bahwa para pencibir itu salah. Segeralah raih impianmu. Sebab, hasil akan berbicara lebih keras daripada kata-kata.

Mungkin Penting Buat Kamu:

Ini Lho Alasan Traveler Perlu Asuransi Perjalanan
Millennial: Muda Banyak Gaya, Tua Kaya Raya
Membiayai Orangtua Bisa Bikin Millennial Pusing Kepala

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close