Save

Waspada, Bahaya Mengintai dari Perusahaan Gadai!

Kepraktisan untuk mendapatkan dana segar menjadikan layanan gadai sebagai solusi kala ada kebutuhan mendadak. Apalagi jenis aset yang dijaminkan sangat variatif. Dari mulai sertifikat tanah, surat kendaraan, hingga pirati elektronik lainnya.

Ini sebabnya layanan gadai makin diminati masyarakat. Bagaimana tidak, dengan cara gadai seseorang akan mendapatkan dana secara cepat. Tak sampai lima belas menit prosesnya. Syaratnya hanya barang bernilai yang digadai dan fotokopi kartu identitas.

Sistem gadai membuat seseorang tetap memiliki hak atas barang yang digadaikan. Hak itu bisa kembali sepenuhnya setelah semua kewajiban penggadai terpenuhi.

Petugas gadai sedang menaksir perhiasan/Setiapsen.com/Foto: Shutterstock
Petugas gadai sedang menaksir perhiasan/Setiapsen.com/Foto: Shutterstock

Tingginya minat masyarakat itu membuat pelaku gadai dari pihak swasta pun bermunculan. Jadi, bukan cuman PT Pegadaian (Persero) saja. Ya, wajar kalau kita lebih mengenal perusahaan gadai milik negara itu dibanding perusahaan lainnya. PT Pegadaian adalah penguasa pasar.

Nah apakah kamu termasuk orang yang sering memanfaatkan jasa gadai untuk mendapatkan dana segar secara cepat? Yang perlu kamu tahu, saat ini perusahaan gadai swasta itu harus terdaftar dan berizin. Kalau kamu terjebak di gadai abal-abal, bahaya akan selalu mengintai.

Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 31/POJK.05/2016 tentang Usaha Pergadaian, seluruh pelaku usaha pergadaian wajib mendaftar dan memperoleh izin usaha dari OJK.

Hingga September lalu, sudah ada 24 perusahaan gadai swasta yang terdaftar dan sudah mengantongi izin dari OJK.

Perusahaan gadai yang belum mendapatkan izin regulator dianggap ilegal. Berikut daftar perusahaan gadai yang sudah mengantongi izin OJK:

  1. PT Gadai Mitra Rakyat
  2. Bless Gadai
  3. PT GDC Solusi Gadai
  4. GM Com Gadai
  5. Mari Gadai
  6. Ota Jaya Gadai
  7. Gadai Ogan
  8. Nimfa Gadai
  9. Gadai Oke
  10. Ginting Gadai
  11. Gadai Smile
  12. Dotri Gadai
  13. Indotech Gadai
  14. PT Gadai Bagong Sejahtera
  15. CV Pioneer Kita
  16. Koperasi Citra Bella Sarana
  17. Berkat Mandiri Sejahtera
  18. Alfa Persada Gadai
  19. PT Cipta Dana Gadai
  20. PT Pegadaian Eva Group
  21. Fiqri Phone
  22. MazPram Gadai
  23. CV Mitra Aci Global Perkasa
  24. PT Eka Pesona Abadi
Ilustrasi gadai/Setiapsen.com/Foto: Shutterstock
Ilustrasi gadai/Setiapsen.com/Foto: Shutterstock

Gadai nyaman dan aman
Sekalipun dalam kondisi terdesak, sebaiknya kamu tetap harus memperhatikan legalitas usaha gadai tersebut. Hal itu untuk menghindari kerugian. Misalnya barang jaminan rusak, hilang, atau dibawa kabur oleh pelaku usaha.

Akan tetapi, bila kamu memanfaatkan jasa gadai yang sudah mengantongi surat legal, kamu akan mendapatkan perlindungan keamanan. Berikut kelebihan bila Anda menggunakan jasa gadai yang sudah berpayung hukum:

  • Barang yang digadai akan tersimpan aman. Sebab, dalam regulasinya, perusahaan gadai wajib memiliki tempat penyimpanan barang jaminan yang memenuhi persyaratan keamanan dan keselamatan.
  • Barang yang digadaikan juga akan terjamin keamanannya karena perusahaan gadai wajib melakukan mitigasi risiko barang gadai dengan adanya kewajiban asuransi.
  • Pinjaman yang Anda dapat dari gadai juga tidak ditaksir dengan seenaknya. Sebab, regulasi mewajibkan perusahaan gadai memiliki seorang penaksir barang yang sudah lulus serifikasi penaksiran barang jaminan.
  • Perusahaan gadai juga diwajibkan memiliki alat taksir dan menetapkan daftar harga pasar barang jaminan yang wajar.
Tags

Related Articles

4 Comments

  1. saya pernah gadai barang tapi di pegadaian BUMN bukan swasta. waktu itu saya gadai memang karena butuh dana mendesak. sebenarnya gadai asal sesuai dengan kebutuhan yang artinya dana yang didapat tidak digunakan untuk hal yang tidak perlu atau mendesak. Lebih aman lagi kalo gadai di pegadaian memang resmi. Banyak juga sih yang menggadai di tempat pegadaian swasta ya mungkin karena bisa jadi syaratnya lebih mudah atau mungin yang ditawarkan lebih menarik. Tapi sekali lagi kalo gadai sesuai dengan kebutuhan dan seiranya dapat membayar dengan tepat waktu oke-oke aja. IG : @nurcoolice_

  2. Sekarang orang tidak terlalu fokus ke gadai, tetepi lebih condong ke pinjaman online yang sedang gencar-gencarnya memasarkan produk mereka melalui internet, namun sayangnya pinjaman online tersebut memiliki bunga yang tidak masuk akal dibamdingkan dengan pegadaian atau badan gadai lainnya.

    IG & Twitter : ZhafiraNZ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close