Save

Yang Perlu Kamu Waspadai Sebelum Gesek Kartu Kredit

Hakikatnya bank menerbitkan kartu kredit untuk memberi kemudahan pada masyarakat. Namun, banyaknya cerita betapa seseorang terbelit utang membuat kartu kredit dianggap sebagai momok. Yang sudah pernah pakai menjadi kapok, sementara yang belum jadi takut mengalami hal serupa.

Tidak ada asap kalau tidak api. Adanya utang menumpuk pasti akibat ulah si pemegang kartu kredit. Terus menggesek kartu seolah itu duit sendiri. β€œUdahlah beli dulu, mumpung diskon. Urusan cicilan mah nanti.” Begitulah awalnya. Akhirnya, tagihan membengkak dan kelimpungan saat jatuh tempo pembayaran tiba.

Berbelanja dengan kartu kredit. (Setiapsen.com/Foto: Shutterstock)
Berbelanja dengan kartu kredit. (Setiapsen.com/Foto: Shutterstock)
Bahaya

Asal tahu saja, transaksi kartu kredit tercatat dalam Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia (BI). SID melacak lancar-tidaknya seorang nasabah dalam membayar cicilan kreditnya.

Apabila ada cicilan yang tertunda, hal itu bisa membuat rekam jejak jelek. Apalagi kalau masuk daftar Alhasil, ketika ingin mengajukan fasilitas kredit lain seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor, atau Kredit Tanpa Agunan (KTA) pasti akan ditolak.

Manfaat

Mestinya, banyak manfaat baik yang bisa didapatkan bila menggunakan kartu kredit dengan bijak. Maksudnya, pakailah kartu kredit sesuai kemampuan kita membayar cicilan per bulan.

Disarankan, penggunaan kartu kredit itu tidak boleh lebih dari 30% dari limit kartu kredit itu sendiri. Misalnya, limit kartu kredit Rp8 juta. Penggunaannya jangan sampai melebihi Rp2,4 juta. Kalau bisa disiplin, kita bisa mengambil manfaatnya.

Generasi millennials melepas penat seusai kerja. (Setiapsen.com/Foto: Shutterstock)
Generasi millennials melepas penat seusai kerja. (Setiapsen.com/Foto: Shutterstock)
Menikmati promo

Untuk menambah jumlah pengguna kartu kredit sangat gencar promosi. Biasanya bank pihak (merchant) seperti kuliner, produk elektronik, fesyen, travel dan banyak lagi.

Kerjasama itu membuahkan promo untuk pemegang kartu kredit. Konsumen akan mendapatkan potongan harga bila berbelanja dengan kartu kredit di merchant tertentu. Di sinilah, kamu yang gemar makan, belanja, atau liburan bisa merasakan manfaat kartu kredit karena berdiskon. Tak hanya potongan harga, kamu juga bisa menikmati cash back lho.

Pengelolaan uang, belanja cerdas, tips keuangan/Setiapsen.com/shutterstock
Foto: Shutterstock
Modal usaha

Dengan kartu kredit memungkinkan pemiliknya menarik dana segar dari mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Fasilitas tarik tunai ini, bisa kamu manfaatkan sebagai modal usaha. Asalkan pembukuannya jelas.

Bisnis sampingan yang lain yang mungkin bisa memanfaatkan kartu kredit adalah bisnis pembiayaan. Artinya, kamu bisa menawarkan jasa pembelian produk pada orang lain dengan mengenakan bunga tertentu.

Permudah KTA

Kredit Tanpa Agunan (KTA) tergolong kredit yang disukai nasabah. Sebab dengan fasilitas kredit ini kamu bisa mendapatkan dana besar tanpa harus mengagunkan aset tertentu.

Nah, dengan memiliki kartu kredit yang aktif selama minimal satu tahun akan membuat kamu mudah mendapatkan fasilitas KTA. Dengan catatan, kamu tidak masuk daftar hitam BI Checking.

Kapan saja di mana saja

Kartu kredit merupakan salah satu jenis alat bayar yang mudah. Tinggal gesek, transaksi pun bisa selesai. Kamu bisa menggunakan untuk keperluan pembelian ketika saldo di rekening tidak mencukupi.

Kartu kredit juga memudahkan transaksi saat berbelanja online. Biasanya banyak promo ditawarkan. Apabila kamu ke luar negeri, kartu kredit juga bisa menjadi solusi pembayaran.

Iilustrasi. (Setiapsen.com/Foto: Shutterstock)
Depresi pelancong saat pesawat terlambat/Setiapsen.com/Foto: Shutterstock
Kita yang putuskan

Demikian bahaya dan manfaat dari kartu kredit. Patut diingat, kartu kredit adalah fasilitas tambahan atau penunjang untuk nasabah. Kamu sendiri yang harus memutuskan apakah mau menggunakan kartu kredit atau tidak. Yang pasti sesuaikan dengan kemampuan.

 

Mungkin penting buatmu:
Mau Ajukan Pinjaman Online? Simak Dulu Perusahaan yang Terdaftar di OJK

Banyak Pembeli Rumah Merugi karena Abaikan Hal Ini

Tags

Related Articles

9 Comments

  1. Setuju!! Saya pernah khilaf menggunakan kartu kredit hingga tagihan membengkak dan tentu saja membuat pusing. Untungnya, bonus tahunan menyelamatkan saya dari tagihan tersebut, dan saat ini saya mulai bijak menggunakan kartu kredit. Berhubung saya mendapat fasilitas free iuran tahunan, kartu kredit tidak saya tutup, dan tetap saya gunakan hanya untuk menikmati promo yang ditawarkan. Kadang untuk beberapa transaksi saya gunakan kartu kredit supaya mendapat point reward yang bisa ditukarkan lagi nantinya.

    IG & Twitter : ZhafiraNZ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close